Angkatan Laut IRGC menerima dua kapal perang siluman cepat, dilengkapi rudal jelajah dengan jangkauan 700 km

Kapal siluman cepat IranIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Belum lama ini Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) menerima dua kapal perang siluman baru buatan dalam negeri.

Upacara penerimaan kapal perang yang diberi nama Martir Sayyad Shirazi dan Martir Hassan Bagheri ini digelar pada 19 Februari lalu dihadiri Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayjen Mohammad Bagheri.

Airbus_contoh2

Kedua kapal perang siluman tersebut adalah yang kedua dan ketiga. Kapal pertama telah diluncurkan pada 6 Januari 2024.

Kapal pertama diberi nama Abu Mahdi al-Muhandis, diambil dari nama komandan Unit Mobilisasi Populer (PMU) Irak yang menjadi martir bersama Letjen Iran Qassem Soleimani dalam serangan AS di Bagdad pada Januari 2020.

Kapal siluman cepat ini mengadopsi desain katamaran atau dua lambung yang terkenal stabil berlayar di lautan. Setiap kapal perang yang berbobot 600 ton ini ditenagai oleh empat mesin. Kapal dapat menampung sebuah drone VTOL dan tiga perahu ringan jenis RIB (Rigid Inflatable Boat).

Kapal diengkapi dengan berbagai persenjataan, termasuk rudal pertahanan udara, rudal antikapal dan kanon serbaguna. Ada juga rudal jelajah dengan jangkauan 700 km. (RBS)

One Reply to “Angkatan Laut IRGC menerima dua kapal perang siluman cepat, dilengkapi rudal jelajah dengan jangkauan 700 km”

  1. Bravo 1RAN.. SALUUT with Rusia.. semoga kalian bisa menjaga keadilan & keseimbangan di mata internasional.. dari negara Barat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *