Militer India menerima gelombang pertama sistem pertahanan udara portabel Igla-S dari Rusia

IGLA-S-MANPADSMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Bersenjata India telah menerima gelombang pertama 24 sistem pertahanan udara portabel Igla-S dan 100 rudalnya dari Rusia. Portal berita India The Print melaporkan pada Senin.

Pada November lalu, India dan Rusia telah menandatangani kontrak untuk penyediaan 120 sistem dan 400 rudal.

Boeing_contoh2

Militer India saat ini menggunakan sistem pertahanan udara portabel Igla-1M yang sudah ketinggalan zaman.

Para pengamat memuji kualitas persenjataan Rusia, yang telah membuktikan keefektifannya melawan senjata yang dipasok oleh Barat dari Ukraina selama konflik Donbass, menurut laporan tambahan.

Meskipun pembelian darurat dalam jumlah kecil sebanyak 24 peluncur dan 216 rudal dilakukan pada tahun 2021, disebutkan bahwa pembelian saat ini mewakili pesanan yang lebih besar.

Sistem terbaru Igla-S terdiri dari satu peluncur dan rudal. Meskipun batch awal berasal dari Rusia, sistem lainnya akan diproduksi di India melalui Transfer Teknologi (ToT) dari Rusia yang difasilitasi oleh perusahaan India.

Igla-S MANPADS ditujukan untuk formasi pertahanan udara baru, dengan satu resimen telah menerima sistem tersebut dan lebih banyak lagi yang diperkirakan akan menyusul seiring kemajuan pengiriman.

Proses pengadaan VSHORAD dimulai pada tahun 2010 di bawah pemerintahan sebelumnya. Sementara Igla-S dipilih pada tahun 2018, menyingkirkan pesaing dari Prancis dan Swedia. MANPADS berfungsi untuk menetralisir ancaman udara di ketinggian rendah di daerah pegunungan tinggi, termasuk pesawat terbang, drone, dan rudal.

Akuisisi Igla-S diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pertahanan udara Angkatan Darat India, dengan rencana untuk beralih ke sistem VSHORAD yang lebih canggih yang dilengkapi teknologi laser-beam riding dan inframerah. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *