Tepat di HUT ke-78 TNI AU, pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1340 berhasil melaksanakan airdrop bantuan kemanusiaan di Gaza

A-1340 melaksanakan airdrop di GazaKemhan RI

AIRSPACE REVIEW – Akhirnya pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1340 milik TNI Angkatan Udara berhasil melaksanakan airdrop (penerjunan kargo dari udara) di wilayah Gaza, Palestina tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI Angkatan Udara pada 9 April 2024.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI yang membagikan berita bahagia ini melalui akun media sosialnya.

“Sebanyak 20 paket bantuan kemanusiaan dengan berat masing-masing 160 kg dari Indonesia untuk Palestina telah berhasil sampai di Gaza via udara menggunakan pesawat C-130J Super Hercules A-1340 TNI AU pada Selasa (9/4), yang dilakukan oleh TNI bersama The Royal Jordanian Armed Forces (RJAF),” tulis Kemhan RI di hari yang sama.

Konfirmasi resmi ini memastikan bahwa C-130J-30 Super Hercules A-1340 dari Skadron Udara 31 yang ditugaskan oleh Pemerintah RI untuk membawa 14 ton bantuan bagi rakyat Gaza, Palestina pada akhirnya dapat melaksanakan proses airdrop secara langsung.

Awalnya diberitakan bahwa A-1340 tidak mendapatkan izin untuk melaksanakan airdrop bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina sehingga bantuan yang dibawa dari Indonesia hanya sampai di Amman, Yordania untuk kemudian disalurkan dari udara menggunakan pesawat milik Angkatan Udara Kerajaan Yordania.

Namun pada akhirnya, misi mulia tersebut dapat dijalankan oleh TNI dengan para personel yang dilibatkan dalam misi kemanusiaan ini.

Bravo TNI, Bravo TNI AU, Swa Bhuwana Paksa! (RNS)

Update berjalan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *