India beli sistem rudal Igla-S MANPADS dari Rusia untuk Angkatan Darat

Igla-S NATOL SA-24 GrinchIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah India telah membeli rudal partahanan udara portabel 9M342 Igla-S (SA-24 Grinch) MANPADS dari Rusia untuk Angkatan Darat negeri itu.

Sejumlah kecil rudal tersebut telah resmi digunakan untuk meningkatkan kemampuan pertahanannya di tengah ketegangan yang meningkat dengan China dan Pakistan.

India membeli sistem rudal Igla-S dari Rusia melalui kekuatan keuangan darurat di mana pembelian senjata dapat dilaksanakan dengan cepat.

Diberitakan, pada Desember 2021 sebanyak 216 rudal 9M342 Igla-S, 24 peluncur 9P522, stasiun uji bergerak 9V866-2, dan perangkat uji 9F719-2 telah dikirim ke negara Asia Selatan itu sebagai bagian dari pengadaan.

Keputusan India untuk membeli MANPADS Igla-S diambil setelah terjadi serangan udara Balakot pada Februari 2019 dan kebuntuan dengan China di Ladakh Timur pada Mei 2020.

Rosoboronexport menyebutkan, kontrak yang lebih besar untuk sistem Igla-S di bawah perjanjian Sistem Pertahanan Udara Jarak Jauh sedang ditinjau oleh kementerian pertahanan India.

Igla-S MANPADS mampu menyerang sasaran berupa pesawat yang terbang rendah maupun helikopter, rudal jelajah, dan juga drone.

Sistem ini berfungsi sebagai garis pertahanan terakhir terhadap ancaman musuh dalam sistem pertahanan udara berlapis.

Sistem ini terdiri dari rudal 9M342, mekanisme peluncuran 9P522, stasiun uji bergerak 9V866-2, dan perangkat uji 9F719-2.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *