Iran kembangkan drone berkemampuan antikapal selam

Drone Pelican 2 IranIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Iran mengumumkan bahwa pihaknya kini memiliki drone canggih yang dilengkapi dengan teknologi deteksi sonar yang mampu mendeteksi kapal selam.

Diungkapkan oleh Komodor Shahram Irani, Komandan Angkatan Laut Iran, bahwa Iran telah mengembangkan dan membuat drone antikapal selam, seperti dilansir Caspian News (20/4).

Keberadaan drone yang dijuluki Pelican 2 ini telah diungkapkan pada November 2019, dalam pameran Pertahanan Angkatan Laut di Teheran.

Tak banyak informasi yang tersedia mengenai spesifikasinya. Pastinya, drone Pelican 2 ini memiliki kemampuan VTOL (Vertical Take-Off and Landing).

Pelican 2 dapat lepas landas dari sebagian besar kapal perang milik Angkatan Laut Iran untuk melakukan operasi pengintaian.

Selain tugas pengintaian dan pengawasan, Pelican 2 digunakan untuk menargetkan kapal musuh serta membantu peluncuran rudal dalam jarak hingga 100 km.

Drone secara signifikan meningkatkan jangkauan dan akurasi sistem rudal milik Angkatan Laut Iran, serta meningkatkan akurasi tembakan artileri angkatan laut.

Kemampuan lainnya, drone ini dibekali perangkat sonar untuk mencari keberadaan kapal selam lawan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *