Spanyol akan mengirimkan 6 Tank Leopard 2A4 ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang

Leopar 2A4 SpanyolElentir
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Spanyol akan mengirimkan enam unit Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2 ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang.

Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares kepada media Jerman pada hari Sabtu. Ditambahkan bahwa setelah itu empat tank yang sama akan dikirimkan menyusul sehingga total menjadi 10 unit.

“Kami akan mendukung Ukraina selama dibutuhkan,” ujar Albares mengenai bantuannya ke Kyiv.

Sebelumnya, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dalam kunjungan ke Kyiv pada bulan Februari, juga menjanjikan 10 unit Leopard 2A4 buatan Jerman untuk Kyiv.

Dari sejak perang Rusia-Ukraina pecah, negara-negara Barat telah memasok Kyiv dengan berbagai jenis sistem persenjataan.

Senjata yang dikirim meliputi rudal pertahanan udara, sistem peluncuran roket, tank, Self-Propelled Howitzer (SPH), senjata antipesawat, dan lainnya.

Di lain pihak, Rusia berulang kali memperingatkan kepada negara-negara Barat bahwa pengiriman senjata ke Kyiv artinya akan memperpanjang perang.

Namun peringatan tersebut diabaikan, karena negara-negara Barat ingin Rusia keluar dari Ukraina dan mengentikan invasinya tersebut.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *