Penampakan terbaru KJ-600 AEW&C berbasis kapal induk China, pesaing E-2 Hawkeye Amerika Serikat

KJ-600Via X/Weibo

AIRSPACE REVIEW – Penampakan terbaru jelas foto pesawat KJ-600 AEW&C untuk Angkatan Laut China telah beredar luas di media sosial yang dipublikasikan oleh Weibo. Kapal ini dikembangkan khusus untuk mengisi kapal induk baru Angkatan Laut China (PLA Navy) Type 003 (Fujian). Pengembangannya bersamaan dengan jet tempur siluman berbasis kapal induk Shenyang J-35.

Kapal Induk Type 003 yang berbobot 85.000 ton dibekali sistem Catapult-Assisted Take Off Barrier Arrest Recovery (CATOBAR) yang sepenuhnya mampu menangani operasional KJ-600 dari atas deknya.

Pada kapal induk AL China lainnya yakni Type 001 dan Type 002 (Liaoning dan Shandong), peran pesawat peringatan dini dilakukan oleh helikopter Changhe Z-18J AEW.

Namun kemampuan helikopter ini sangat terbatas karena membawa radar yang lebih kecil, memiliki kecepatan rendah, dan radius cakupannya sekitar 200 km. Sementara pesawat peringatan dini sayap tetap KJ-600 dapat mencakup sekitar 400 hingga 500 km.

Tentunya, kehadiran KJ-600 ini akan memberikan pandangan yang luas dan secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur komprehensif kapal induk Type 003.

Sebagai kepanjangan mata, pesawat membawa piringan radar di bagian atas badan tengahnya, mirip dengan yang terpasang pada pesawat peringatan dini China lainnya KJ-2000 dan KJ-500.

China mengklaim, KJ-600 dilengkapi dengan radar Active Electronically Scaned Array (AESA) yang memungkinkannya untuk melihat keberadaan pesawat siluman seperti F-22 dan F-35 milik AS juga Su-57 Rusia.

KJ-600 dikembangkan oleh Xian Aircraft. Pesawat ini disebut-sebut sebagai tiruan desain dari Northrop Grumman E-2 Hawkeye Amerika Serikat.

Tak hanya versi AEW&C, Xian Aircraft dilaporkan juga tengah mengembangkan varian COD (carrier onboard delivery) dengan basis pesawat yang sama, serupa dengan Northrop Grumman C-2 Greyhound Amerika Serikat. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *