Penampakan jelas pesawat KJ-600 AEW&C untuk Angkatan Laut China

KJ-600Weibo
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Meski dilaporkan telah melaksanakan penerbangan perdananya sejak 28 Agustus 2020, penampakan jelas dari Pesawat Peringatan Dini dan Kontrol Udara Xian KJ-600 AEW&C belumlah tersedia.

Belakangan muncul sedikit jernih foto pesawat yang sering disebut sebagai pesaing Northrop Grumman E-2C Hawkeye dari Amerika Serikat ini, yang dipublikasikan oleh Weibo. Terlihat pesawat masih dibalur cat dasar.

Seperti diketahui, KJ-600 ini dikembangkan khusus untuk mengisi kapal induk baru Angkatan Laut China (PLA Navy) Type 003 (Fujian). Pengembangannya bersamaan dengan jet tempur siluman berbasis kapal induk Shenyang J-35.

Kapal Induk Type 003 yang berbobot 85.000 ton ini dibekali sistem Catapult-Assisted Take Off Barrier Arrest Recovery (CATOBAR) yang sepenuhnya mampu menangani operasional KJ-600 dari atas deknya.

Sementara itu, pada kapal induk AL China lainnya yakni Type 001 dan Type 002 (Liaoning dan Shandong), peran pesawat peringatan dini dilakukan oleh helikopter Changhe Z-18J AEW.

Namun kemampuan helikopter ini sangat terbatas, membawa radar lebih kecil, memiliki kecepatan rendah dan hanya mencakup radius sekitar 200 km.

Sementara pesawat peringatan dini sayap tetap KJ-600 dapat mencakup sekitar 400 hingga 500 km.

Tentunya, kehadiran KJ-600 ini akan memberikan pandangan yang luas dan secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur komprehensif Type 003.

Sebagai kepanjangan mata, pesawat membawa piringan radar di bagian atas badan tengahnya, mirip dengan yang terpasang pada pesawat peringatan dini China lainnya KJ-2000 dan KJ-500.

KJ-600 dilengkapi dengan radar Active Electronically Scaned Array (AESA) yang memungkinkannya untuk melihat keberadaan pesawat siluman seperti F-22 dan F-35 milik AS juga Su-57 Rusia.

Diperkirakan KJ-600 ini diawaki 5-6 orang personel termasuk pilot, kopilot, dan awak pesawat yang mengoperasikan radar serta sistem kontrol tempur.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *