MAGURA V5, drone kamikaze permukaan air yang menjadi momok AL Rusia di Laut Hitam

MAGURA V5Ukraine Govt
ROE

AIRSPACE REVIEW – Ukraina pada Selasa mengklaim telah menenggelamkan sebuah kapal perang Angkatan Laut Rusia lainnya di Laut Hitam menggunakan drone laut berteknologi tinggi.

Badan intelijen militer Ukraina (GUR) mengatakan, unit operasi khusus mereka berhasil menghancurkan Sergey Kotov, kapal patroli AL Rusia yang baru ditugaskan pada tahun 2021.

Boeing_contoh2

MAGURA V5 (Maritime Autonomous Guard Unmanned Robotic Apparatus V-type) adalah drone kamikaze permukaan air (USV) yang digunakan untuk menghantam kapal patroli Sergey Kotov yang berada di dekat Selat Kerch.

Kehadiran MAGURA V5, kini menjadi momok bagi kapal AL Rusia yang beroperasi di Laut Hitam, di mana kapal Sergey Kotov sendiri bukanlah korban pertamanya.

Tercatat, aksi keberhasilan MAGURA V5 pertama saat digunakan pada bulan November 2023. Drone berhasil menghancurkan satu kapal pendarat kelas Serna dan satu kapal pendarat kelas Akula yang berlabuh di pangkalan AL Rusia di Chornomorske, Krimea.

Lalu pada 1 Februari 2024, Direktur GUR, Kyrylo Budanov menyebutkan beberapa MAGURA V5 bertanggung jawab atas tenggelamnya korvet rudal Tarantul-lll kelas Ivanovets milik AL Rusia.

Selanjutnya, pada 14 Februari 2024, beberapa drone MAGURA V5 kembali digunakan untuk menyerang dan menenggelamkan kapal pendarat besar Tsezar Kunikov di dekat kota pesisir Alupka di Krimea.

Mengenai keberadaannya, MAGURA V5 mulai diungkapkan pemerintah Ukraina pada November 2022.

Drone ini dikembangkan untuk digunakan GUR, guna melakukan berbagai macam tugas, seperti pengawasan, pengintaian, patroli, pencarian dan penyelamatan, penanggulangan ranjau, hingga menjadi drone kamikaze.

Untuk membiayai pengembangan dan produksi MAGURA V5, United24 sebuah organisasi crowdfunding pemerintah, mengumpulkan sumbangan dari perusahaan dan individu di seluruh dunia.

Dilaporkan harga per unit MAGURA V5 dibandrol antara 250.000 hingga 270.000 dolar AS.

Untuk spesifikasinya, MAGURA V5 memiliki panjang 5,5 m, berat 1.000 kg, serta muatan eksplosif hingga 200 kg.

MAGURA V5 dilengkapi dengan sistem autopilot, subsistem video, termasuk night vision, modul komunikasi redundan, dan unit tempur.

Drone tersebut juga mencakup stasiun kendali otonom berbasis darat, sistem transportasi, penyimpanan, dan pusat data.

MAGURA V5 memiliki jangkauan operasi sejauh 800 km dan masa pakai baterai 60 jam. Kecepatan jelajahnya 41 km/jam dan tertinggi hingga 78 km/jam. (RBS)

2 Replies to “MAGURA V5, drone kamikaze permukaan air yang menjadi momok AL Rusia di Laut Hitam”

  1. Boeing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *