Lagi, drone permukaan air Ukraina hancurkan kapal perang Rusia di Laut Hitam

Kapal patroli Sergei Kotov RusiaIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Sekali lagi Rusia harus kecolongan dan mengalami kerugian dengan hancurnya kapal patroli Sergey Kotov di Laut Hitam akibat hantaman drone kamikaze permukaan air (USV) Ukraina.

Serangan itu terjadi pada malam tanggal 5 Maret, sebagaimana dikonfirmasi oleh pejabat Ukraina dan saluran Telegram pro-Rusia.

Kapal yang menjadi sasaran adalah kapal patroli besar Proyek 22160, bagian dari Armada Laut Hitam. Kapal tersebut mengalami kerusakan parah.

Direktorat Intelijen Pertahanan (GUR) Ukraina merilis rekaman yang mengabadikan momen serangan USV terhadap kapal militer Rusia. Video tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar serangan drone menargetkan sisi kanan kapal.

Intensitas ledakan menunjukkan kerusakan signifikan pada kapal, namun nasib kru masih belum diketahui. Drone kamikaze Ukraina yang berhasil melumpuhkan kapal patroli tersebut disebut-sebut sebagai MAGURA V5.

Mengenai kapal patroli Sergey Kotov, merupakan salah satu dari empat kapal modern yang saat ini aktif di Armada Laut Hitam. Kapal ini dipersenjatai dengan konfigurasi standar, termasuk satu meriam otomatis 76 mm dan dua senapan mesin berat 14,5 mm. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *