Mista Polandia kirimkan kendaraan tempur Oncilla ke-100 kepada Ukraina

OncillaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan Polandia Mista telah menyelesaikan pengiriman kendaraan tempur (ranpur) lapis baja Oncilla yang ke-100 kepada Ukraina. Ranpur ini digunakan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina, Garda Nasional, serta beberapa unit Intelijen Pertahanan, seperti diberitakan Defense24.

Mengenai spesifikasinya, Oncilla berukuran panjang antara 5,45 m, lebar 2,45 m, dan tingginya 2,3 m serta ground clearance 40 cm.

Boeing_contoh2

Ranpur dengan bobot kotor sekitar 8.800 kg ini dibekali dua pilihan mesin diesel yakni KM DEUTZ BF 4M 1013FC dengan tenaga maksimum 190,5 hp atau IVECO NEF 4 ENTC yang menghasilkan tenaga hingga 209,5 hp.

Untuk performanya, Oncilla dapat melaju dengan kecepatan maksimum 120 km/jam dan jangkauan operasi sejauh 750 km.

Kendaraan berpenggerak 4×4 ini mampu mengatasi rintangan dengan sudut pendakian maksimal 30 derajat dan sudut kemiringan maksimal 24 derajat.

Kabin Oncilla dapat menampung tiga awak terdiri dari komandan, pengemudi, penembak, serta ditambah enam prajurit bersenjata.

Dari segi perlindungan, level armor dasar memenuhi standar STANAG 4569 level 2, yang dapat ditingkatkan ke level 3 dengan penambahan armor pasif eksternal.

Persenjataan standar pada Oncilla mencakup senapan mesin NSV kaliber 12,7 mm dioperasikan secara manual. Sebagai opsional dapat mengusung stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) dengan senapan mesin 14,5 mm. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *