MSPO 2023: Ottokar Polandia luncurkan kendaraan tempur pemburu tank Brzoza

BrzozaWP Tech
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selama pameran MSPO Polandia 2023, Perusahaan Ottokar Polandia (tak ada hubungan dengan Otokar Turkiye), meluncurkan kendaraan antitank Brzoza.

Kendaraan pemburu tank ini merupakan hasil konsorsium PGZ-Ottokar, yang dipimpin oleh Polska Grupa Zbrojeniowa (PGZ). Melibatkan pula Huta Stalowa Wola (HSW), Mesko, dan Wojskowe Zakłady Elektroniczne.

Konsorsium juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan MBDA UK (Inggris) untuk memfasilitasi integrasi rudal antitank Brimstone pada platform Ottokar-Brzoza.

Brzoza dibangun pada sasis kendaraan serba guna taktis 4X4 yang dikenal sebagai WARAN, yang membutuhkan awak 2 hingga 3 prajurit untuk pengoperasiannya.

Dirancang untuk menyerang tank dan target lapis baja lainnya, Brzoza dilengkapi untuk membawa enam rudal berpemandu presisi Brimstone pada rak peluncur di bagian belakangnya.

Untuk keselamatan awaknya, Brzoza dilengkapi dengan sistem proteksi tembakan munisi kaliber ringan dan menghadapi ledakan ranjau, serta deteksi dan pelindung terhadap radiasi laser.

Selain itu, kendaraan dapat dilengkapi dengan modul persenjataan yang dikendalikan dari jarak jauh, yang dapat dilengkapi dengan senapan mesin UKM 2000C 7,62 mm atau senapan mesin WKM Bm 12,7 mm.

Pengadaan Brzoza ini sendiri telah diumumkan oleh.Wakil Perdana Menteri Polandia dan Menteri Pertahanan Nasional Mariusz Błaszczak pada 20 Juli 2022, tahun lalu.

Badan Persenjataan Polandia (AA) mengatakan di situs webnya bahwa kemampuan operasional awal modul penghancur tank pertama diharapkan paling lambat pada tahun 2025.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *