Jabatan Pangkoopsud I diserahterimakan dari penerbang tempur ke penerbanng VVIP/VIP

Serah terima jabatan Pangkoopsud ITNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jabatan Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I diserahterimakan dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Andyawan Martono Putra di Makoopsudnas, Selasa (13/9/2022).

Pangkoopsud I yang baru Marsma TNI Bambang Gunarto adalah mantan penerbang Boeing 737 VVIP/VIP Skadron Udara 17, menggantikan Marsda TNI Tedi Rizalihadi mantan penerbang tempur Hawk 100/200.

Airbus_contoh2

Sebelum menjabat sebagai Pangkoopsud I, Marsma TNI Bambang Gunarto menjabat sebagai Komandan Lanud Halim Perdanakusuma.

Sementara Marsda TNI Tedi Rizalihadi selanjutnya mengemban jabatan baru sebagai Kepala Staf Koopsudnas (Kaskoopsudnas).

Dalam sambutannya saaat upacara serah terima jabatan, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Andyawan berharap kepada seluruh jajaran Koopsud I agar dapat lebih meningkatkan kesiapan operasional dan profesionalisme, dan menekankan safety untuk tercapainya zero accident.

Dengan begitu, Koopsud I dapat menjadi kekuatan udara yang tangguh dan andal dalam mengawal wilayah udara nasional dalam rangka mewujudkan TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Koopsud I merupakan salah satu Komando utama di bawah Jajaran Komando Operasi Udara Nasional yang mencakup wilayah Indonesia bagian barat.

Koopsud I mempunyai tugas yaitu pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI AU dalam jajarannya, dan melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan di laut.

Sebagai informasi tambahan, Marsma TNI Bambang Gunarnto merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1993.

Sementara Marsda TNI Tedi Rizalihadi merupakan alumni AAU tahun 1991.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *