Spanyol mengakuisisi PULS MLRS buatan Israel, kontrak senilai 700 juta euro

PULS MLRSElbit Systems
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Spanyol telah menandatangani kontrak senilai 700 juta euro dengan konsorsium bisnis Escribano Mechanical & Engineering dan Rheinmetall Expal Munitions untuk memasok Sistem Peluncur Roket Mobilitas Tinggi yang dinamai Silam kepada Angkatan Darat.

Sistem yang dipilih adalah PULS, peluncur roket yang dikembangkan oleh perusahaan Israel Elbit Systems.

Airbus_contoh2

Perjanjian tersebut mencakup transfer teknologi untuk produksi peluncur roket dan amunisi di Spanyol, seperti diumumkan pada 15 Desember lalu.

Program ini awalnya berencana untuk memasok dua belas peluncur, setara dengan satu kelompok artileri.

Selain itu, paket tersebut mencakup serangkaian kendaraan dan sistem pendukung, seperti kendaraan peluncur, kendaraan amunisi dengan derek, kendaraan pemulihan, kendaraan pengintai, dan kendaraan pos komando.

Termasuk juga dukungan logistik awal, pelatihan dan sumber daya simulasi, dan platform peluncur roket untuk menguji dan memvalidasi amunisi.

Dalam hal amunisi, Kementerian Pertahanan Spanyol berencana membeli 680 roket dalam tahap awal.

Ini termasuk 288 roket berpemandu dengan jangkauan 35 km (terbagi antara tipe fragmentasi dan penetrasi), 16 pod peluncuran; 112 roket berpemandu dengan jangkauan hingga 150 km (sekali lagi dibagi antara tipe fragmentasi dan penetrasi), 28 pod; 64 roket dengan jangkauan hingga 300 km, dan 32 pod; ditambah 216 roket latih dengan jangkauan 7 hingga 15 km.

Pembelian ini juga mencakup radar multifungsi dan drone taktis berkinerja tinggi untuk lokasi dan identifikasi target, serta amunisi yang berkeliaran.

Pengiriman peluncur dan roket pelatihan akan dimulai pada tahun 2024 dan amunisi aktif diharapkan mulai tahun 2025.

Gelombang terakhir pengiriman roket dijadwalkan akan dikirim ke tentara pada tahun 2028.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *