Ketiban rejeki, AD Bangladesh terima 31 MaxxPro MRAP dari AS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Defense Technology of Bangladesh mencuit pada 6 Juni 2021, mengatakan bahwa kontingen Angkatan Darat Bangladesh yang beroperasi dalam rangka misi penjaga perdamaian PBB di Gao, Mali telah menerima 31 kendaraan tempur MaxxPro dari AS. Kendaraan diterima pada Mei lalu.

Sebelumnya, Angkatan Darat Bangladesh telah menerima 50 kendaraan MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) yang sama pada 2019 untuk mendukung pasukan penjaga perdamaiannya PBB di Mali.

International M1224 MaxxPro MRAP adalah kendaraan tempur lapis baja yang di desain oleh Navistar Defense anak perusahaan Navistar International dari AS.

Proses pengembangannya melibatkan perusahaan Plasan Sasa dari Israel, yang merancang dan memproduksi sistem pelindung kendaraan.

Awal pengembangannya untuk mengikuti program “Mine Resistant Ambush Protected Vehicle” yang diprakarsai oleh Korps Marinir AS dan program “Medium Mine Protected Vehicle” yang dipimpin Angkatan Darat AS.

Navistar Defense menawarkan dua varian MaxxPro sebagai kategori 1 atau kategori 2, tergantung pada penggunaan dan ruang kompartemen penumpang. Meskipun, sebagian besar yang dijual adalah MRAP kategori 1.

Katagori 1 memiliki berat antara 12,7–13,4 ton. Sedangkan katagori 2 memiliki berat di kisaran 13,6–14.5 ton. Kendaraan dapat memuat tiga awak plus tujuh pasukan.

Navistar Defense memproduksi MaxxPro dalam dua ukuran dan sistem penggerak. MaxPro Dash berpenggerak 4X4 dan MaxxPro Plus 6X6 (dengan roda belakang ganda) untuk meningkatkan daya dukung beban.

Baik model MaxxPro Dash dan Plus, keduanya menggunakan mesin diesel MaxxForce 10 dengan daya 375 hp, menggantikan model lama DT 530 berdaya 330 hp.

MaxxPro MRAP

Di kawasan Asia, selain Bangladesh, negara pengguna MaxxPro MRAP lainnya adalah Pakistan yang memiliki 325 unit dari berbagai versi dan 37 model MaxxPro MRV.

Negara mungil Singapura juga memiliki 15 MaxxPro Dash digunakan oleh Angkatan Daratnya, serta Angkatan Darat Korea Selatan yang juga mengoperasikan 10 MaxxPro Dash.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *