KC-390 Millennium pertama untuk Angkatan Udara Hungaria telah mendarat di Pangkalan Udara Kecskemét

KC-390 Millennium HungariaHonvédelmi Minisztérium
ROE

AIRSPACE REVIEW – Pesawat angkut militer Embraer KC-390 Millennium pertama pesanan Angkatan Udara Hungaria (HuAF) telah mendarat di Pangkalan Udara Kecskemét, Hungaria pada 11 April 2024.

Pesawat tersebut akan tetap berada di Hungaria selama tiga minggu untuk pengujian darat dan udara tambahan. Selain itu, fitur komunikasi spesifik NATO akan dipasang dan diverifikasi.

Setelah masa pengujian selesai, KC-390 HuAF akan kembali ke Brasil untuk menyelesaikan pekerjaan akhir.

Sebelumnya, Pemerintah Hungaria menandatangani kontrak pembelian dua KC-390 dengan kemampuan pengisian bahan bakar di udara pada November 2020.

Kontrak tersebut mencakup pelatihan pilot dan teknisi, serta layanan dan dukungan lainnya untuk memperkuat HuAF. Kedua pesawat tersebut diperkirakan akan dikirim tahun ini juga.

Untuk diketahui, KC-390 HuAF akan menjadi yang pertama di dunia dengan Intensive Care Unit (ICU) dalam konfigurasinya, yaitu fitur penting untuk melakukan misi kemanusiaan.

KC-390 sepenuhnya kompatibel dengan sistem NATO, tidak hanya dalam hal perangkat kerasnya tetapi juga dalam konfigurasi avionik dan komunikasinya.

Selain itu, sistem pengisian bahan bakar probe & drogue pada KC-390 berarti pesawat dapat mengisi bahan bakar di udara untuk Saab Gripen milik HuAF.

KC-390 sepenuhnya memenuhi persyaratan HuAF, di mana pesawat mampu melakukan berbagai jenis misi militer dan sipil.

Misi tersebut adalah Evakuasi Medis, Transportasi Kargo dan Pasukan, Penerjunan Kargo Presisi, Operasi Pasukan Terjun Payung, dan Pengisian Bahan Bakar Udara (AAR). (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *