Airbus Helicopters pamerkan H145M di PAS 2023

H145M di Paris Air Show 2023Airbus Helicopters

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Salah satu produk unggulan dari Airbus Helicopters yang tampil di pameran kedirgantaraan Paris Air Show 2023 adalah helikopter ringan H145M untuk kebutuhan militer.

H145M dikembangkan untuk digunakan pada misi siang dan malam hari serta dalam kondisi cuaca yang sangat buruk sekalipun.

Helikopter dengan Berat Lepas Landas Maksimum (MTOW) 3.800 kg ini didukung oleh dua mesin turboshaft Turbomeca Arriel 2E berperforma tinggi dan dilengkapi dengan kontrol mesin digital otoritas penuh (FADEC).

Heli memiliki kinerja dengan kecepatan maksimum 268 km/jam, ketinggian terbang hingga 5.240 m, dengan jangkauan operasi sejauh 637 km atau durasi terbang 3 jam 30 menit.

Keunggulan pada H145M adalah dapat dikonfigurasi ulang dengan cepat dari transportasi pasukan ke misi pencarian dan penyelamatan (SAR) dengan kerekan dan tandu penyelamat.

H145M yang berdesain ringkas ini juga dapat diubah menjadi helikopter serang, mengusung sistem senjata Airbus HForce berupa pod senjata untuk senapan mesin 112,7 mm atau kanon 20 mm.

Selain itu helikopter dapat dipersenjatai dengan roket berpemandu dan tak berpemandu kaliber 70 mm serta rudal antitank SPIKE ER2.

Tersedia tiga paket berbeda yang meningkatkan kemampuannya dari penembakan balistik melalui tampilan yang dipasang di helm, hingga penembakan balistik melalui sistem elektro-optik (EOS) atau penembakan senjata berpemandu.

Fitur keamanan yang ditawarkan pada H145M di antaranya adalah tangki bahan bakar self-sealing, perlindungan balistik dan penekan inframerah, bersama dengan crashworthiness pada badan dan kursi.

Lalu sistem Peperangan Elektronik (EW) dan dispenser chaff/flare menghadirkan tingkat perlindungan ekstra di lingkungan dengan ancaman tinggi.

H145M dilengkapi dengan kokpit kaca digital modern yang kompatibel dengan Night Vision Goggle (NVG), dan memiliki autopilot digital 4 sumbu yang secara drastis mengurangi beban kerja pilot.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *