Setelah menjatuhkan sanksi kepada Lockheed Martin dan Raytheon, China kini juga menerapkan sanksi kepada GA-ASI dan GDLS dari AS karena memasok senjata ke Taiwan

MQ-9BGS-ASI
ROE

AIRSPACE REVIEW – China telah menjatuhkan sanksi terhadap dua perusahaan Amerika Serikat yakni General Atomics Aeronautical Systems Inc (GA-ASI) dan General Dynamics Land Systems (GDLS) karena menjual senjata ke Taiwan. Kementerian Luar Negeri China mengumumkan seperti diberitakan TASS.

“Penjualan senjata yang terus menerus oleh Amerika Serikat ke wilayah Taiwan di China merupakan pelanggaran serius terhadap prinsip satu China dan ketentuan tiga komunike bersama antara Amerika Serikat dan China,” kata kementerian tersebut.

Penjualan senjata tersebut sangat mengganggu urusan dalam negeri China dan merusak kedaulatan serta integritas wilayah Tiongkok, lanjut Kementerian Pertahanan China.

Sanksi tersebut menyiratkan bahwa properti kedua perusahaan AS di wilayah China akan dibekukan dan eksekutif mereka dilarang memasuki China.

Sebelumnya pada bulan Februari 2023 China telah memberlakukan sanksi perdagangan dan investasi terhadap produsen senjata Lockheed Martin dan Raytheon Missiles & Defense (bagian dari Raytheon Technologies Corp).

Sanksi diberikan kepada kedua perusahaan AS tersebut karena memasok senjata ke Taiwan.

Kementerian Perdagangan China mengatakan dalam sebuah pernyataannya bahwa sanksi tersebut termasuk larangan ekspor dan impor oleh kedua perusahaan dari dan ke China. Hal ini untuk mencegah produk China digunakan dalam bisnis militer mereka, ujar kementerian. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *