Di tengah ketegangan dengan China, AS perkuat pertahanan Taiwan dengan empat MQ-9B SkyGuardian

MQ-9B SkyGuardianUS DoD

AIRSPACE REVIEW – Departemen Pertahanan AS pada 12 Maret memberikan kontrak senilai 250 juta USD kepada General Atomics Aeronautical Systems Inc. (GA-ASI). Kontrak ini untuk pengadaan empat drone MQ-9B SkyGuardian bagi Angkatan Bersenjata Taiwan.

Persetujuan pengadaan drone intai ini terjadi pada saat meningkatnya ketegangan antara China dengan Taiwan.

Berdasarkan kontrak, selain memasok empat drone MQ-9B, GA-ASI juga akan menyediakan stasiun kendali darat serta suku cadang dan peralatan pendukung yang diperlukan.

MQ-9B SkyGuardian dibangun berdasarkan drone MQ-9 Reaper. SkyGuardian memiliki daya tahan daya tahan penerbangan lebih lama hingga 40 jam, beroperasi di segala cuaca, dan rangkaian sensor pengawasan dan pengintaian yang tangguh.

Kehadiran MQ-9B akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Taiwan untuk melakukan misi ISR (intelijen, pengawasan dan pengintaian), memberikan gambaran komprehensif mengenai potensi ancaman, dan memungkinkan respons yang cepat dan terinformasi terhadap setiap kemungkinan serangan yang terjadi dari China.

Dengan kata lain, kehadiran drone SkyGuardian memberi Taiwan tingkat keamanan dan kesadaran kesadaran situasional yang lebih tinggi. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *