Angkatan Laut India resmikan pengoperasian skadron pertama helikopter MH-60R

MH-60R Angkatan Laut IndiaIndian MoD

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Laut India telah meresmikan pengoperasian skadron pertama helikopter MH-60R. Kementerian Pertahanan India menyatakan hal ini pada 13 Maret 2024. Upacara peresmian dilaksanakan di INS Garuda yang terletak di Kochi, bagian dari Komando Angkatan Laut Selatan.

Mengenai MH-60R adalah helikopter angkut medium berbasis kapal perang yang diproduksi oleh Sikorsky, AS untuk menggantikan peran helikopter SH-60B dan SH-60F.

Helikopter ini dilengkapi dengan serangkaian teknologi deteksi dan penargetan yang canggih, termasuk sonar celup, sensor akustik sonobuoy, radar multi-mode, sensor peperangan elektronik, dan sensor inframerah yang dilengkapi dengan penanda laser.

MH-60R juga menawarkan sistem pemrosesan data misi yang canggih untuk meningkatkan kemampuan operasional.

Helikopter berjulukan Romeo ini dapat diandalkan untuk perang permukaan, antikapal selam, pengawasan area, identifikasi tempur, dan dukungan tembakan permukaan laut.

Selain misi tempur, MH-60R juga dapat menjalankan misi pencarian dan penyelamatan (SAR).

Untuk persenjataannya, MH-60R dapat dilengkapi dengan torpedo MK 46 dan MK 54, rudal udara ke darat HELLFIRE, roket 2,75 inci, serta senapan mesin 12,7 mm atau 7,62 mm yang dipasang di dalam kabin.

Helikopter biasanya dioperasikan oleh empat awak, mencakup dua pilot, satu operator sensor dan satu operator senapan mesin. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *