Sambut kedatangan kapal induk USS George Washington, Angkatan Laut Argentina mempersiapkan dua jet Super Etendard

Super Etendard ArgentinaMartin Otero
ROE

AIRSPACE REVIEW – Sebagai bagian dari kunjungan kapal induk Amerika Serikat, USS George Washington (CVN 73) pada Mei mendatang, Angkatan Laut Argentina sedang mengerjakan pemulihan setidaknya dua jet Super Etendard. Kedua pesawat dipersiapkan agar dapat beroperasi untuk menyambut kedatangan kapal induk tersebut.

Ini adalah dua Super Etendard Modernize (SEM) yang diperoleh dari Prancis pada tahun 2018, dan akan menjadi unit pertama yang kembali beroperasi. Zona Militar memberitakan, registrasi kedua jet adalah SEM 31 dan dan SEM 44. Kedua pesawat akan kembali beroperasi setelah masalah terkait kartrid kursi lontar teratasi.

Selain menyiapkan jet Super Etendard, Argentina juga menyiapkan helikopter Sea King bersama dengan Kapal Perusak Meko 360, Korvet Meko 140 dan Kapal Patroli Laut kelas Bouchard.

Sumber terbuka menyebut, Angkatan Laut Argentina awalnya menerima 14 jet Super Etendard. Lima pesawat bekas Angkatan Laut Prancis (spesifikasi Modernisé) diperoleh untuk layanan operasional dan pelatihan/suku cadang pada tahun 2017.

Namun, pesawat-pesawat tersebut berhenti beroperasi pada tahun 2021. Pada 17 Mei 2023, Argentina mengumumkan penarikan terakhir Super Etendard dari Angkatan Laut Argentina. (RNS)

One Reply to “Sambut kedatangan kapal induk USS George Washington, Angkatan Laut Argentina mempersiapkan dua jet Super Etendard”

  1. Usaha Argentina untuk kembali merapat ke Barat setelah ditolak Inggris. Pilihan realistis adalah keluarga Dassault tetapi tidak ada opsi murah. Pilihan lain mungkin pesawat jet serang darat Textron Airland atau Texan II kalau Super Tucano tidak mungkin. Untuk pesawat tempur utama pilihannya hanya pesawat bekas Mirage atau F 16.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *