Swedia memborong 321 kendaraan lapis baja Patria 6X6 dari Finlandia senilai 509 juta USD

Patria 6X6 APCPatria

AIRSPACE REVIEW – Badan Pengadaan Pertahanan Swedia (FMV) memborong kendaraan lapis baja Patria 6X6 dari perusahaan Patria yang berbasis di Finlandia senilai 470 juta euro (509 juta USD). Ini adalah salah satu kontrak pengadaan pertahanan terbesar Swedia hingga saat ini.

Kendaraan lapis baja 6X6 yang dibeli diberi nama Pansarterrängbil 300 oleh Swedia. Kendaraan ini akan ditempatkan di Resimen Livgardet di Kungsängen, bersama berbagai unit kendaraan lain di seluruh negara.

Patria 6X6 merupakan kendaraan lapis baja jenis angkut pasukan (APC) dengan kapasitas muatan hingga 12 personel. Kendaraan ini terkenal karena modularitas dan keserbagunaan. Patria 6X6 dapat disesuaikan untuk berbagai peran operasional, termasuk transportasi pasukan, komando dan kontrol, hingga tugas ambulans di Angkatan Bersenjata Swedia.

Mats Warstedt, Wakil Presiden Senior Market Area Nordics di Patria, menyatakan perusahaan akan segera memenuhi pengiriman kendaraan ini ke Swedia.

Ia menyoroti sifat kolaboratif dari proyek tersebut, dengan menyebutkan desain kendaraan yang disesuaikan dengan kondisi Nordik dan kontribusi signifikan dari pemasok Swedia, termasuk mesin dan baja lapis baja.

Pengadaan Patria 6X6 sejalan dengan partisipasi Swedia yang lebih luas dalam program kolaborasi Common Armored Vehicle System (CAVS), sebuah upaya unik yang melibatkan banyak negara Eropa, termasuk Finlandia, Latvia, Swedia, dan Jerman, tulis Patria Group dalam rilisnya. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *