Militer Swedia akan mendapatkan 20 unit Patria Pansarterrängbil 300

Patria 6X6 Finlandia_ Airspace ReviewPatria
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com0 – Perusahaan Patria dai Finlandia telah menandatangani kontrak dengan Badan Pengadaan Pertahanan Swedia (FMV) untuk menyediakan 20 panser Patria 6X6 yang disebut sebagai Pansarterrängbil 300.

Panser Patria 6X6 dipilih sebagai platform untuk Common Armoured Vehicle System (CAVS), yakni program kerja sama antara beberapa negara Eropa.

Program CAVS saat ini telah diikuti oleh Finlandia, Latvia, Swedia, dan Jerman.

Pengiriman ke Latvia telah berlangsung sejak akhir 2021 dan Finlandia menerima kendaraan pra-serinya pada musim panas 2022. Sementara Swedia akan mendapatkannya mulai 2023 ini.

Pansarterrängbil 300 pesanan Swedia merupakan jenis Kendaraan Angkut Personel (APC), yang dapat menampung hingga 12 prajurit.

Patria 6X6 ditenagai mesin diesel berdaya 290 ps, memungkinkannya mencapai kecepatan tertinggi 100 km/jam.

Kendaraan memiliki kemampuan amfibi dan dapat berenang di air dengan kecepatan maksimum 10 km/jam berkat sistem propulsi waterjet-nya.

Berat tempur kendaraan ini mencapai 24.000 kg, namun berat kosongnya hanya 16.000 kg.

Patria 6X6 memiliki perlindungan lapis baja modular yang dapat disesuaikan untuk kebutuhan misi yang berbeda, memberikan pertahanan terhadap ancaman balistik, ranjau, dan Alat Peledak Improvisasi (IED).

Persenjatan yang dapat diusungnya antara lain kanon 30 mm, senapan mesin berat 12,7 mm, atau peluncur granat otomatis 40 mm.

Patria 6X6 juga dilengkapi dengan peralatan elektronik canggih, termasuk sistem interkom digital, GPS, dan perlengkapan night vision.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *