Saab akan lengkapi Patria AMV 8X8 dengan sistem C4I

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Industri pertahanan dan keamanan asal Swedia, Saab, telah menandatanganani kontrak pengadaan satu unit kendaraan AMV (Armored Modular Vehicle) 8X8 buatan Patria, Finlandia.

Kendaraan lapis baja berpenggerak roda ban ini akan digunakan oleh Saab sebagai platform pengujian dan pengembangan sistem C4I (Command, Control, Communications, Computers, & Intelligence) generasi terbaru pada kendaraan tempur multi-peran ini.

Setelah mendapatkan intergasi sistem C4I termasuk elektronika dan video, AMV 8X8 akan dijadikan kendaraan untuk demontrasi dan pemasaran.

Patria dalam siaran berita perusahaan (8/6) mengatakan, pengadaan satu unit AMV 8X8 untuk Saab termasuk pelatihan dan layanan pemeliharaan.

Saab Vehicle System akan melengkapi kebutuhan elektronik militer pada AMV 8X8 untuk memenuhi persyaratan medan perang yang keras dan biaya siklus pemakaian yang minim.

Sejauh ini, Patria telah berhasil menjual AMV ke delapan negara dengan lebih 1.600 unit kendaraan telah diproduksi.

Fitur utama AMV adalah desain modularnya yang memungkinkan penggabungan berbagai menara, senjata, sensor, maupun sistem komunikasi pada wagon yang sama.

Patria menawarkan berbagai varian AMV untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan di seluruh dunia, mulai dari gurun yang panas hingga ke wilayah kutub yang sangat dingin.

Patria AMV 8X8 diawaki oleh tiga personel terdiri dari pengemudi, komandan, dan penembak. Versi pengangkut pasukan (APC) kendaraan ini mampu membawa 8-18 personel.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *