Heli Apache terbaru milik India mendarat darurat di lapangan rumput

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter terbaru AH-64E (I) Apache Guardian milik Angkatan Udara India (IAF) yang dioperasikan di dekat perbatasan dengan Pakistan melakukan pendaratan darurat di lapangan rumput di Distrik Hoshiarpur, Punjab pada Jumat (17/4).

Pendaratan darurat dilaksanakan satu jam setelah helikopter terbang dari Pangkalan Udara Pathankot karena mengalami masalah teknis.

“Helikopter Apache terbang dari Pathankot Air Base. Setelah hampir satu jam terbang terjadi masalah teknis yang menyebabkan pilot mendaratkan heli tersebut di bagian barat Indora, Punjab,” kata IAF dalam keterangannya.

IAF menjelaskan, pilot telah mengambil keputusan yang tepat dan dengan selamat berhasil mendaratkan helikopter. Seluruh kru di dalam helikopter selamat dan tidak ada kerusakan berarti dalam insiden tersebut.

Angkatan Udara India mulai mengoperasikan AH-64E (I) Apache Guardian sejak triwulan ketiga tahun 2019. Helikopter ini bermarkas di Pathankot air base, berjarak 145 km dari garis perbatasan dengan Pakistan.

Empat unit helikopter kelompok pertama AH-64E (I) dari 22 unit yang dipesan oleh New Delhi, tiba di India pada Agustus 2019.

India menandatangani kontrak akuisisi 22 helikopter Apache Guardian dengan Boeing pada 28 September 2015. Nilai kontrak mencapai 1,15 miliar dolar AS.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *