Monumen A-4 Skyhawk TL-0418 direlokasi dari Kantor Pemda Kabupaten Tulang Bawang ke Taman Lanud Pangeran M. Bun Yamin

Monumen A-4 Skyhawk direlokasi ke Taman Lanud Bun Yamin_3Lanud Bny

AIRSPACE REVIEW – Monumen pesawat A-4 Skyhawk TNI Angkatan Udara yang berada di halaman Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang (Tuba), Lampung direlokasi ke Taman Lanud Pangeran M. Bun Yamin (Bny) yang berada di Jalan Lintas Timur Sumatera, Astra Ksetra, Menggala, Kabupaten Tuba.

Komandan Lanud Pangeran M. Bun Yamin Letkol Pnb Yosi Hadi Wiyanto meninjau kesiapan relokasi monumen pesawat tersebut pada Senin (25/3).

Danlanud Bny mengatakan, relokasi ini sudah dibahas sebelumnya dengan Pj. Bupati Tulang Bawang Drs. Qudrotul Ikhwan, M.M., dan Bupati Tuba Periode 2007-2012 Drs. H. Abdurachman Sarbini, S.H., M.M., serta para pejabat Forkopimda Tulang Bawang.

Danlanud Bny berharap, dengan merelokasi monumen pesawat A-4 Skyhawk ke Taman Lanud Bny, monumen ini dapat lebih terawat dan dapat dinikmati oleh lebih banyak orang. Sebab, monumen A-4 saat ini berada jauh dari jalan lintas Sumatera sehingga keberadaanya kurang efektif.

Dengan dipindahkan ke Taman Lanud Bny, keberadaan Monumen A-4 TL-0418 dapat lebih terawat dan memudahkan orang untuk berswafoto sekaligus dapat memberikan edukasi serta menginspirasi anak-anak tentang semangat perjuangan TNI AU.

Pesawat A-4 Skyhawk TL-0418 merupakan pesawat A-4 varian kursi ganda. Pesawat ini dibawa ke Lampung dari Skadron Udara 11 Makassar menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI AU.

Pesawat kemudian dirakit kembali oleh Tim Bantuan Pemeliharaan Lapangan (Banharlap) Skadron Teknik 044 Makassar di Kantor Pemda Tuba dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 2011 oleh Pangkoopsau I saat itu Marsda TNI Dede Rusamsi disaksikan Bupati Tuba Abdurachman Sarbini. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *