Monumen Pesawat MiG-17 Fresco di Kompleks Pagas Lanud Abdulrachman Saleh Diresmikan

AIRSPACE-REVIEW.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen Pesawat MiG-17 Fresco hasil renovasi di Taman Kompleks Kartanegara Kompleks Pagas (Pancar Gas) Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (13/9/2019).

Panglima TNI dalam sambutan lisannya menceritakan sejarah keperkasaan MiG-17 Fresco yang dipergunakan TNI AU pada 1960-1969 dalam mengusir penjajah Belanda di Papua saat Operasi Trikora.

Diceritakan pula, Satuan Pemeliharaan (Sathar) 31 Depohar 30 yang ada di Lanud Abdulrachman Saleh ini pada 1960-an sudah mampu melaksanakan overhaul (perawatan besar) mesin dan struktur jet tempur buatan Rusia seperti MiG-15, MiG-17, dan Il-28.

Untuk itulah, ujarnya, Monumen Mig 17 Fresco ini dibangun di Kompleks Pagas. 

BACA  India kerahkan kapal induk saat China dan Pakistan gelar latihan militer

Meski demikian, lanjut Panglima TNI, pada 1970-an semua pesawat MiG TNI AU tidak dapat terbang lagi (grounded). Sehingga, pesawat yang tidak bisa terbang itu dialihfungsikan menjadi monumen termasuk pembangunan Monumen MiG-17 Fresco dengan nomor ekor 1130 ini pada 1970.

Dijelaskan, pembangunan monumen bertujuan untuk mengenang kejayaan kedirgantaraan TNI AU yang pernah dirintis oleh Presiden Sukarno hingga menjadi salah satu kekuatan terbesar di belahan bumi selatan.      

Monumen Mig-17
Penlanud Abd

Sementara itu dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan apresiasi atas kepedulian Panglima TNI kepada Lanud Abdulrachman Saleh dan insub dalam pelestarian nilai-nilai kejuangan TNI Angkatan Udara berupa renovasi monumen pesawat MiG- 17.

BACA  Empat Penerbang TNI AU Lulus Pendidikan Transisi Pesawat F-16

Ke depan, ujarnya, diharapkan kepedulian tersebut berdampak pada terpeliharanya semangat bertugas para personel TNI AU yang bertugas di Malang serta lahirnya generasi penerus TNI AU yang berasal dari lingkungan Lembah Bromo maupun Malang Raya pada umumnya.  

Kepala Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio dalam rilis berita yang dilayangkan kepada Airspace Review menuliskan, acara peresmian Monumen MiG-17 meliputi pengguntingan pita, pelepasan balon merah putih, penandatanganan prasasti, peninjauan monumen, dan foto bersama.

Monumen Mig-17
Penlanud Abd

Turut hadir pada peresmian renovasi monumen MiG-17 ini KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakil KSAI Marsdya TNI Fahru Zaini, beberapa Asisten Panglima TNI dan Asisten KSAU, Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan, Dankoharmatau Marsda TNI Dento Priyono, Pangdam Brawijaya Mayjend TNI Wisnoe Prasetya Boedi, Pangdiv II/Kostrad Mayjend TNI Tri Yuniarto, Kasgar II Surabaya Brigjend TNI (Mar) Lukman, para pejabat TNI/Polri, serta Ibu-ibu Dharma Pertiwi dan PIA Ardhya Garini.

BACA  Ketika Mi-17 Suriah rontok ditembak jatuh kelompok pemberontak di Idlib

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *