Membandingkan warna kamuflase jet tempur Rafale Indonesia dengan sejumlah Rafale negara lain

Perbandingan Warna Kamuflase Rafale Indonesia dengan negara lain_ Airspace ReviewVia X

AIRSPACE REVIEW – Pemerintah Indonesia telah menandatangani pembelian total 42 jet tempur Rafale dari Prancis. Seluruh pesanan tersebut telah masuk dalam daftar produksi (backlog) di pabrik Dassault Aviation, Prancis tempat pesawat tersebut dibuat.

Menurut rencana, Indonesia akan menerima pengiriman jet Rafale pertamanya tahun 2026. TNI AU mengatakan, pesawat tempur Rafale pertama akan ditempatkan di Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau menggantikan armada Hawk 100/200.

Pembelian 42 Rafale oleh Kementerian Pertahanan RI, merupakan pembelian jet tempur terbesar yang dilakukan pasca tahun 2.000 di mana Indonesia mulai kembali meningkatkan kekuatan angkatan udaranya.

Tidak hanya pesawat tempur, beragam pesawat lainnya, termasuk jet latih, pesawat angkut, helikopter, hingga drone juga diakuisisi.

Terkait jet tempur Rafale, baru-baru ini di dunia maya beredar model pesawat Rafale untuk TNI AU, yang memperlihatkan warna kamuflase pesawat tersebut nantinya. Belum diketahui, apakah warna kamuflase atau sering disebut camo, color scheme, paint scheme, maupun livery, ini adalah yang telah resmi ditetapkan oleh TNI AU atau baru rekaan saja.

Namun biasanya, apa yang ditampilkan dalam model pesawat yang digunakan oleh TNI AU, dalam hal ini model pesawat tersebut pun berasal dari TNI AU, adalah menunjukkan pola kamuflase yang telah diajukan ke pabrik pembuat pesawat.

Dari model tersebut terlihat corak loreng gradasi abu-abu, dengan tanda segi lima dan tulisan TNI AU yang menunjukkan pesawat ini milik TNI AU.

Kemudian pada bagian ekor tegak terlihat bendera Merah Putih yang melambangkan Republik Indonesia, logo Wing Udara 6, serta nomor registrasi TS-0308.

Sementara di bagian depan di bawah kokpit terlihat logo “Black Panther” yang merupakan logo Skadron Udara 12. Dapat dipastikan, sesuai keterangan TNI AU kepada Airspace Review beberapa waktu lalu, bahwa skadron pertama di TNI AU yang akan menerima jet tempur Rafale adalah Skadron Udara 12.

Sekadar membandingkan dengan Rafale negara lain, mari kita lihat camo jet tempur bersayap delta ini dari pengguna maupun pemesan Rafale berikutnya. (RNS)

Rafale Indonesia
Indonesia Military News Observer Rafale Indonesia
Rafale Uni Ermiat Arab
Fighter Gifts Rafale Uni Ermirat Arab
Rafale Qatar_ Dassault
Dassault Rafale Qatar
Rafale Mesir
Dassault Rafale Mesir
Rafal-Yunani
HAF Rafale Yunani
Rafale Kroasia
Dassault Rafale Kroasia
Rafale India
BoeingMan777/Shutterstock Rafale India
Rafale-Angkatan-Udara-dan-Antariksa-Prancis
Dassault Rafale Angkatan Udara dan Antariksa Prancis
Rafale-Angkatan-Laut-Prancis
Marine Nationale Rafale Angkatan Laut Prancis

6 Replies to “Membandingkan warna kamuflase jet tempur Rafale Indonesia dengan sejumlah Rafale negara lain”

    1. Ts itu nomor registrasi pesawatnya di Indonesia ts itu singkatan dari tempur serang. Sama kaya f 16 nomor registrasinya TS juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *