Pesanan ketiga Indonesia sebanyak 18 Rafale resmi masuk daftar produksi di Dassault: Total Indonesia akan mendapatkan 42 jet tempur Rafale baru

Rafale-F3R-AAEAAE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrik pesawat Dassault Aviation dari Prancis pada 8 Januari 2024 menyatakan rilis perusahaan di lamannya.

Dikatakan bahwa pesanan ketiga Indonesia berupa 18 unit jet tempur Rafale mulai berlaku hari itu.

Jumlah pesanan ketiga ini melengkapi 24 unit yang telah dipesan sebelumnya, yakni pesanan pertama sebanyak 6 unit dan pesanan kedua sebanyak 18 unit.

Pesanan pertama sebanyak 6 unit Rafale mulai masuk daftar produksi pada bulan September 2022. Sementara pesanan kedua sebanyak 18 unit Rafale, masuk daftar produksi pada bulan Agustus 2023.

Dengan demikian, Indoneaia secara total akan mendapatkan 42 jet tempur Rafale baru. Penandatanganan kontrak pembelian 42 Rafale ditandatangani di Jakarta pada bulan Februari 2022.

Dassault mengatakan, Indonesia telah memilih alat unit untuk kedaulatan dan kemandirian operasional.

Pilihan Rafale oleh Indonesia juga akan mengonsolidasikan kerja sama industri dan akademik antara kedua negara.

“Dalam memilih Rafale, Indonesia telah memilih alat unik untuk kedaulatan dan kemandirian operasional yang akan membantu mengkonsolidasikan perannya sebagai kekuatan regional yang besar. Pilihan ini juga mengkonsolidasikan kerja sama industri dan akademik yang ambisius. Kami berkomitmen penuh untuk menyukseskan kemitraan ini, dengan visi jangka panjang yang tegas,” ujar Eric Trappier, Chairman dan CEO Dassault Aviation.

-JDN-

3 Replies to “Pesanan ketiga Indonesia sebanyak 18 Rafale resmi masuk daftar produksi di Dassault: Total Indonesia akan mendapatkan 42 jet tempur Rafale baru”

  1. Penasaran posisi Rafale nanti akan menggantikan F 16 atau F 5 atau perlahan menggantikan Sukhoi 27/30? Yang sayang Su 27/30. Masih bisa diupgrade ituh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *