Singapore Airshow 2024: Sarang Helicopter Display Team, dibentuk tahun 2003 dan telah tampil 1.200 kali di 385 tempat

Sarang Helicopter Displae Team_Roslan Rahman Via X
ROE

SALAH SATU peserta Pertunjukan Terbang (Flying Display) di Singapore Airshow 2024 adalah Sarang Helicopter Display Team (Sarang) dari Angkatan Udara India (IAF). Tim sayap putar ini tampil mendemonstrasikan manuver-manuver aerobatik spektakuler menggunakan empat Helikopter Ringan Tingkat Lanjut (ALH) Dhruv buatan dalam negeri India.

Penampilan Tim Sarang cukup menarik perhatian pengunjung di antara penampilan tim lain. Salah satunya adalah manuver burung Merak nasional India

Boeing_contoh2

Penyelenggara Singapore Airshow, Experia, menyatakan Tim Sarang tampil di pameran udara dua tahunan ini di Changi Exhibition Centre di Singapura mulai 20 hingga 25 Februari 2024. Singapore Airshow 2024 diikuti oleh lebih 1.000 peserta pameran dari 50 negara dengan target pengunjung lebih dari 50.000 orang.

Kementerian Pertahanan India menyatakan, Tim Tampilan Helikopter Sarang dibentuk pada tahun 2003. Tim ini melakukan pertunjukan publik internasional pertamanya di Asian Aerospace Show (kini menjadi Singapore Airshow) di Singapura pada tahun 2004.

Sarang Helicopter Display Team didukung oleh 71 personel IAF. Tim ini telah mendemonstrasikan manuvernya lebih dari 1200 kali di lebih dari 385 lokasi di seluruh dunia.

Helikopter Dhruv dirancang oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL). Helikopter berkemampuan multimisi dan segala cuaca ini didesain untuk menjalankan peran militer, merujuk perusahaan.

Saat ini Dhruv ALH dioperasikan oleh semua dinas militer India. Keberhasilan penerapan dan penggunaan operasional platform ini merupakan salah satu kisah sukses spektakuler mengenai kemandirian (Aatmanirbharta) di sektor pertahanan India, khususnya di sektor helikopter ringan.

Media India menyoroti, partisipasi IAF semakin memperkuat hubungan diplomatik dan pertahanan India dengan negara-negara peserta.

Singapore Air Show 2024 menyediakan platform unik bagi IAF untuk memamerkan keahlian dan kemampuan canggih helikopter Dhruv. Hal ini juga menawarkan peluang untuk membina kerja sama internasional dan menunjukkan kemajuan India dalam teknologi kedirgantaraan dan pertahanan dalam skala global.

Tampilnya Tim Sarang di Singapore Airshow 2024 semakin menabalkan penampilan IAF di berbagai pameran kedirgantaraan. Di pameran dua tahunan di Singapura kali ini India tidak mengirimkan jet tempurnya dan hal ini terwakili oleh tim aerobatik helikopternya.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *