Penjaga Pantai Filipina minati HAL Dhruv Mk-3 dan Do-228 CG dari India

Dhruv Mk3 CGAL

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Penjaga Pantai Filipina (PCG) telah menyatakan minatnya untuk membeli tujuh helikopter Dhruv Mk-3 versi Coast Guard (CG) dan delapan Do-228 CG dari pabrik pesawat HAL (Hindustan Aeronautics Limited) India.

Heli Dhruv Mk-3 CG ini dikembangkan dari Dhruv Mk-1.

Pesawat dibekali radar pengawasan yang dipasang di hidung yang dapat mendeteksi, mengklasifikasikan, dan melacak beberapa target laut.

Ada juga pod elektro-optik (EO) multi-spektral untuk pengintaian, pengawasan, akuisisi target, dan pencarian jangkauan dengan grip kontrol yang dapat disimpan di sisi kopilot.

Fitur lain termasuk unit perawatan intensif medis yang dapat dilepas untuk peran ambulans udara, lampu sorot intensitas tinggi, ramp belakang, loudhailer, hingga senapan mesin 12,7 mm yang dipasang di kabin.

Sementara Do-228 CG merupakan pengembangan dari pesawat komuter regional jarak dekat Do-228 berkapasitas 19 penumpang.

HAL mendapatkan lisensi dari Dornier Jerman tahun 1983 untuk memproduksi 125 pesawat Do-228 di fasilitas pabrik Kanpur, Uttar Pradesh, India.

Do-228 dibekali dua mesin turboprop Honeywell TPE331-10, masing-masingĀ  berdaya 579 kW.

Do-228 CGHAL

Kecepatan jelajah Do-228 kisaran 413 km/jam, ketinggian terbang maksimum 7.620 m dan jangkauan operasi 396 km.

Diketahui HAL telah memproduksi Do-228 versi Coast Guard sebanyak 38 unit yang seluruhnya dioperasikan oleh Penjaga Pantai India (ICG).

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *