Setelah menerima 50 panser dua tahun lalu, Kemhan Austria berencana mengakuisisi 225 Pandur EVO baru

Pandur EVOGDELS-Steyr
ROE

KEMENTERIAN Pertahanan Austria dilaporkan hampir menyelesaikan kesepakatan besar senilai hampir 1,8 miliar euro (1,9 miliar dolar AS) dengan General Dynamics European Land Systems-Steyr GmbH (GDELS-Steyr) untuk pembelian tambahan 225 panser Pandur Evolution (Pandur EVO) baru. Informasi ini diwartakan oleh Standar, surat kabar harian Austria yang terbit di Wina, pada 13 Februari 2024 lalu.

Sebelumnya, pada 1 September 2022, Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner telah menyerahkan 50 dari 100 Pandur EVO yang dipesan pada gelombang pertama kepada Angkatan Bersenjata Austria. Sisanya akan tuntas diserahkan pada tahun 2025.

Boeing_contoh2

Kontrak baru ini akan merangsang perekonomian lokal dengan melibatkan berbagai perusahaan Austria lainnya, termasuk banyak perusahaan kecil dan menengah, dalam proses produksi.

Mengenai Pandur EVO, merupakan pengembangan lebih lanjut dari Pandur II yang merupakan versi perbaikan dari Pandur I era 1999-an.

Panser 6X6 ini digerakkan menggunakan mesin diesel baru berdaya 455 hp yang lebih bertenaga dari pendahulunya.

Kendaraan dapat melaju hingga kecepatan maksimum 105 km/jam di darat dan 11 km/jam di atas permukaan udara. Jangkauan operasionalnya mencapai 700 km.

Peningkatan (upgrade) Pandur EVO lainnya termasuk pada perlindungan terhadap NBC (Nubika) dan mendapatkan perangkat elektronik yang lebih mumpuni.

Varian APC Pandur EVO diawaki dua kru yakni pengemudi dan komandan, ditambah 12 pasukan bersenjata di kompartemen belakang, dengan muatan mencapai 8.500 kg.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *