Rusia luncurkan roket Soyuz-2-1v, diperkirakan membawa satelit mata-mata canggih BARS-M

Rusia luncurkan satelit mata-mata BARS-MRussian MoD
ROE

KEMENTERIAN Pertahanan Rusia melaporkan keberhasilan mengenai peluncuran roket Soyuz-2-1v pada 9 Februari 2024, tepat pukul 10.03 waktu Moskow. Roket lepas landas dari Plesetsk, membawa muatan yang ditujukan untuk Kementerian Pertahanan Rusia yang membawa muatan militer rahasia.

Menurut rilis berita yang disebarluaskan oleh media pemerintah, muatan tersebut dilaporkan telah berhasil ditempatkan pada orbit yang dijadwalkan dan sekarang berada di bawah kendali operasional pasukan darat Angkatan Udara dan Luar Angkasa Rusia (VKS).

Boeing_contoh2

Diketahui roket Soyuz-2-1v tersebut membawa kargo Cosmos-2575 dengan muatan masih dirahasiakan.

Namun, spekulasi dari berbagai sumber menunjukkan bahwa isu muatan kargo tersebut berpotensi menjadi satelit pengintai optik BARS-M atau dikenal juga sebagai EO-MKA5.

BARS-M merupakan bagian dari sistem pengawasan optik berbasis ruang angkasa, yang digunakan untuk mengumpulkan citra permukaan bumi dengan resolusi tinggi.

Tujuan utama satelit BARS-M adalah untuk menyediakan data pengintaian rinci untuk militer Rusia. Satelit ini dilengkapi dengan sensor optik canggih yang dapat menangkap gambar dalam berbagai kondisi cahaya, termasuk pada malam hari atau cuaca mendung.

Sensor ini mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga 1 meter sehingga memungkinkan dilakukannya analisis permukaan bumi secara detail.

Satelit ini beroperasi pada orbit sinkron matahari, yang berarti satelit tersebut melewati bagian bumi yang sama pada waktu matahari lokal yang sama setiap harinya.

Hal ini memungkinkan kondisi pencahayaan yang konsisten untuk gambar yang diambil, sehingga memudahkan untuk membandingkan gambar yang diambil pada waktu berbeda. Satelit BARS-M ini merupakan bagian dari jaringan satelit pengintai Rusia yang lebih besar.

Dengan bekerja sama, satelit-satelit ini dapat menyediakan cakupan permukaan bumi yang hampir konstan, memastikan tidak ada kejadian atau perubahan signifikan yang luput dari perhatian.

Meskipun berasal dari militer, data yang dikumpulkan oleh satelit BARS-M memiliki potensi yang signifikan untuk penggunaan sipil.

Misalnya, gambar resolusi tinggi yang diambil dapat digunakan untuk memantau perubahan lingkungan, melacak perkembangan bencana alam, atau membantu perencanaan dan pembangunan kota.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *