AS izinkan penjualan kit untuk memodernisasi 32 F-16 Block 10/15 MLU Angkatan Udara Rumania

F-16 RumaniaUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat telah memberikan izin penjualan kit atau peralatan untuk memodernisasi 32 jet F-16 Block 10/15 Mid-Life Update (MLU) kepada Pemerintah Rumania. Pesawat-pesawat tersebut dibeli Rumania dari Norwegia.

Penjualan kit untuk modernisasi F-16 Rumania termasuk perangkat kriptografi KY-58M dan KIV-78 dengan perkiraan biaya seluruhnya mencapai 105 juta USD. Demikian dilaporkan Badan Kerja Sama Pertahanan Keamnan (DSCA) AS pada 30 Juni.

Sebelumnya Pemerintah Rumania telah meminta untuk membeli peralatan dan layanan untuk memodernisasi 32 pesawat F-16 Mid-Life Update Block 10/15 yang akan dibeli melalui transfer pihak ketiga dari Norwegia.

Peralatan tersebut meliputi perangkat kriptografi KY-58M dan KIV-78; AN/PYQ-10C Pemuat Kunci Sederhana; Sistem Perencanaan Misi Gabungan; Sistem penglihatan penerbang Night Vision Device (NVD) dan Tabung Penguat Gambar cadangan; Dukungan database Electronic Warfare; Classified/Unclassified Computer Program Identification Number Systems (CPIN) dan peralatan dan dukungan CPIN Electronic Combat International Security Assistance Program (ECISAP); layanan uji terbang; integrasi dan dukungan pengujian serta peralatan; peralatan pendukung pesawat udara; peralatan komunikasi yang aman, navigasi presisi, dan perangkat kriptografi; Pengiriman dan dukungan perangkat lunak yang Diklasifikasikan/Tidak Diklasifikasikan; suku cadang, bahan habis pakai dan aksesori, serta dukungan perbaikan dan pengembalian; dukungan pemeliharaan dan pemeliharaan; studi/survei; Publikasi dan dokumentasi teknis yang Diklasifikasikan/Tidak Diklasifikasikan; Layanan dukungan teknik, teknis, dan logistik Pemerintah AS dan kontraktor; dan elemen terkait lainnya dari logistik dan dukungan program. Perkiraan total biaya adalah $105 juta.

Kontraktor utaman untuk proyek ini adalah Lockheed Martin, Fort Worth, Texas. Implementasi dari penjualan yang diusulkan ini tidak memerlukan penugasan tambahan dari Pemerintah AS atau perwakilan kontraktor ke Rumania, tulis DSCA.

Sebelum membeli F-15 dari Norwegia, pada 2013, Rumania menandatangani kontrak dengan Portugal untuk 12 pesawat tempur F-16 A/B Block 15 MLU.

Di bawah program Peace Carpathian, enam pesawat tempur pertama memasuki layanan dengan Angkatan Udara Rumania pada bulan September 2016, tiga lainnya telah dikirim pada bulan November dan tiga yang terakhir telah memasuki layanan pada tahun 2017.

Rumania menandatangani kontrak pada tahun 2019 dengan Portugal untuk 5 F-16 pesawat tempur MLU Blok 15 A/B, yang dikirimkan hingga Maret 2021.

Kontrak lain, diumumkan pada Desember 2021, untuk tambahan 32 F-16 ditandatangani dengan Norwegia seharga €388 juta.

Pengiriman pertama F-16 Norwegia ditetapkan untuk tahun 2023, sedangkan pengiriman kedua ditetapkan untuk tahun 2024.

Berdasarkan kontrak, F-16 akan menjalani modifikasi ke konfigurasi Rumania M6.5.2 dengan dukungan AS sebelum pengiriman.

Layanan Pemeliharaan Penerbangan Kongsberg akan memberikan dukungan, pemeliharaan, dan pelatihan personel teknis Rumania.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *