Rumania percepat pembelian 32 jet tempur F-16 dari Norwegia

F-16 RumaniaF-16.net

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Rumania mempercepat mempercepat proses akuisisi 32 jet tempur F-16 bekas pakai Angkatan Udara Kerajaan Norwegia (RNoAF).

Seperti diketahui, Parlemen Rumania telah memberikan izin alokasi anggaran pertahanan sebesar 454 juta euro (486 juta USD) pada akhir tahun 2021 untuk pembelian jet tempur Fighting Falcon.

Sementara itu, dalam satu tahun ke depan ini Angkatan Udara Rumania masih akan menggunakan MiG-21 era Uni Soviet yang sudah menua.

Pesawat tersebut sebelumnya telah di-grounded akibat terjadinya kecelakaan, namun kini diterbangkan lagi.

“Selama dua bulan terakhir, kami telah mempercepat kontak kami dengan pihak Norwegia dan dengan AS, untuk mempercepat akuisisi F-16,” ujar Menteri Pertahanan Rumania Vasile Dincu dalam pernyataan yang disiarkan TV Digi24 pada Selasa lalu.

Rumania juga tengah melakukan perencanaan untuk pembelian jet tempur siluman F-35.

Rumania ingin membeli jet tempur F-35A untuk memodernisasi angkatan udaranya. Keinginan tersebut telah disampaikan pada bulan Februari.

Saat ini Rumania memiliki 17 F-16 yang dibeli dari Portugal.

Pada bulan Maret, Presiden Rumania Iohannis mengumumkan bahwa Rumania perlu meningkatkan pengeluaran pertahanan dari 2% menjadi 2,5% dari produk domestik bruto, menyusul invasi Rusia ke negara tetangga Ukraina.

Rumania telah bergabung dengan NATO sejak 2004.

Bucharest menyatakan, akan membelanjakan total 9,8 miliar euro untuk pembelian alutsista hingga tahun 2026.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *