Rumania beli 32 F-16 eks Norwegia paket lengkap senilai 387 juta USD

F-16 NorwegiaIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rumania telah menandatangani pembelian 32 jet tempur F-16 eks Angkatan Udara Norwegia (RNoAF) senilai 388 juta euro (387 juta USD).

Harga tersebut merupakan paket lengkap termasuk dengan peralatan, suku cadang, perawatan, dan layanan pelatihan teknis lainnya.

Jual-beli F-16 dan paketnya dilakukan oleh pemerintah Rumania dengan Badan Material Pertahanan Norwegia (NDMA) Norwegia.

Pemerintah Norwegia menyatakan, kontrak tersebut telah ditandatangani pada 4 November lalu.

Sebelum dikirimkan, seluruh 32 F-16 tersebut akan menjalani perawatan dan modifikasi yang diperlukan untuk menjadi konfigurasi M6.5.2 Rumania.

Pengiriman F-16 kelompok pertama ke Rumania akan dilaksanakan pada akhir tahun 2023 dan disusul pengiriman kedua pada tahun 2024.

Menteri Pertahanan Norwegia Bjørn Arild Gram mengatakan, perjanjian yang ditandatangani oleh NDMA akan membantu memperkuat kekuatan udara salah satu sekutu mereka, yakni Rumania.

Penandatanganan kesepakatan tercapai setelah berbulan-bulan dilakukan negosiasi antara kedua negara.

Direktur Jenderal NDMA Gro Jære mengatakan, Layanan Pemeliharaan Penerbangan Kongsberg (KAMS) telah dipilih sebagai mitra strategis untuk memberikan dukungan, pemeliharaan, dan pelatihan personel teknis Angkatan Udara Rumania.

Untuk pengerjaan oleh KAMS akan ada pembaruan kontrak.

Pengerjaan perawatan dan modifikasi akan dilakukan oleh KAMS setelah dicapai kesepakatan dan penandatanganan kontraknya.

-Jaden-

One Reply to “Rumania beli 32 F-16 eks Norwegia paket lengkap senilai 387 juta USD”

  1. Murah meriah dapet 32 unit F-16 paket lengkap 387 juta USD.
    Dibanding 12 unit Mirage 2000 seharga 750 juta USD, Semoga saja yg Mirage dari Qatar sudah dapat bonus Rudal Exocet 39 naval, Rudal SCALP, Magic Dan Mica amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *