Putin dan Zelensky tidak akan hadiri KTT G20, Indonesia menghormati

Valdimir Putin and Volodymyr ZelenskyAP, AFP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin tak akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang akan dilaksanakan pada 15-16 November mendatang.

Tidak hanya Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga telah menyatakan akan absen dalam pertemuan para pemimin negara yang tergabung dalam G20 dengan Presiden RI Joko Widodo selaku Presidensi G20 tahun ini.

Kepastian Putin tidak akan menghadiri acara puncak KTT G20 di Nusa Dua, Bali tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20 Luhut Binsar Pandjaitan.

Seperti dikutip oleh CNBC Indonesia, Luhut mengatakan Putin sudah menyampaikan keputusannya tersebut.

“Ya ndak, Putin ndak hadir karena tadi sudah nyampaikan dia ngirim menlunya (Menlu Rusia Sergey Lavrov) untuk datang. Saya kira itu yang paling tinggi,” ujar Luhut di Padma Hotel Resort, Bali, Kamis (10/11).

Menurut Luhut, pemerintah Indonesia menghormati keputusan pemerintah Rusia. Menko Kemaritiman dan Investasi itu juga mengatakan Presiden Jokowi sudah berkomunikasi dengan Presiden Putin.

Walau tidak hadir langsung di Bali, Putin disebutkan tetap akan mengikuti KTT G20 secara virtual.

“Saya bisa mengonfirmasi bahwa Sergey Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20,” kata Kepala Protokol Kedutaan Besar Rusia di Indonesia Yulia Tomskaya, dikutip AFP.

Luhut mengungkap alasan Presiden Putin tidak hadir di KTT G20 karena Presiden Rusia itu punya kesibukan yang lain.

“Mereka juga punya kesibukan yang kita harus hormati,” kata Luhut di Bali.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga telah menyatakan tidak dapat hadir di KTT G20 Bali.

“Sama juga mereka berdua (tidak hadir). Mereka juga punya kesibukan yang kita harus hormati,” tegas Menko Kemaritiman dan Investasi itu menegaskan

Berbeda dengan Luhut, Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyatakan masih ada peluang untuk Zelensky datang ke KTT G20.

Dia mengatakan keputusan soal hadir atau tidaknya Zelensky ke KTT G20 masih belum final.

“Masih ada kemungkinan, namun belum ada konfirmasi final,” kata Duta Besar Ukraina untuk Indonesia seperti dikutip Detikcom.

Untuk diketahui, Ukraina bukan negara anggota G20. Tetapi Presiden Volodymyer Zelensky diundang oleh Presiden Joko Widodo untuk hadir di KTT G20 tahun ini.

Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *