Jelang penerbangan perdana KAAN pada 27 Desember, Turkiye mulai merakit dua prototipe lagi jet tempur generasi kelima buatan dalam negeri ini

KAANTurkish Aerospace

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turkish Aerospace (TA) memulai perakitan prototipe jet tempur kedua dan ketiga KAAN. Hal ini dilaksanakan menjelang penerbangan perdana jet tempur generasi kelima buatan dalam negeri ini pada 27 Desember mendatang.

Diharapkan, perakitan prototipe KAAN kedua dapat selesai pada paruh pertama tahun 2024, kata perusahaan kepada media.

Dijelaskan, integrasi roda pendaratan dan komputer kendali penerbangan ke dalam prototipe KAAN pertama telah selesai dilaksanakan.

KAAN pertama kali dikeluarkan dari hanggarnya (roll-out) pada Mei 2023 lalu. Pesawat saat ini sedang dipersiapkan untuk penerbangan perdananya.

Proyek jet tempur generasi kelima Turkiya, Kaan, dimulai pada 2016 lalu. Setelah menjalani penerbangan perdana dan menyelesaikan sertifikasinya, pesawat akan mulai diproduksi pada tahun 2025 atau tepat satu dekade sejak proyek KAAN dimulai.

TA akan mengirimkan pesawat pertama KAAN Blok-10 pada tahun 2029.

KAAN memiliki panjang 21 m. Pesawat berkemampuan multiperan dan ditenagai dua mesin ini dirancang memiliki kecepatan maksimum hingga 1,8 Mach.

Menurut perusahaan, KAAN akan dilengkapi dengan radar berkinerja tinggi dan kemampuan peperangan elektronik yang dapat diandalkan.

-JDN-

5 Replies to “Jelang penerbangan perdana KAAN pada 27 Desember, Turkiye mulai merakit dua prototipe lagi jet tempur generasi kelima buatan dalam negeri ini”

  1. Yang bertanggung jawab, atas masuknya bangsa Israel di timur tengah, dan pendirian negera Israel rasis, yang serakah, tamak, rakus, yang penuh dengan kriminal, adalah turki dan inggris, karena waktu itu jazirah arab, sedang dijajah, oleh turki, dan bukan kesalahan negara negara arab!

  2. Waduh bro mron Wahid dapet refrensi dari mana Turkey yg usung Yahudi masuk ke tanah Palestine..
    Baca lagi deh sejarah ya..ok
    Peace

  3. Indonesia harusnya bisa membuat pesawat tempur yg andal. … Untuk kapal perang sudah bagus 👍👍👍 dan perlu di perbanyak kerna kita negara maritim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *