Dua varian helikopter NH90 pesanan Qatar terbang perdana

NH90 QEAFLeonardo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua varian helikopter NH90 buatan NHIndustries yang dipesan Qatar, telah melaksanakan penerbangan perdananya. Qatar memesan 28 heli NH90, masing-masing terdiri dari 12 NH90 NFH (NATO Frigate Helicopter) untuk Angkatan Laut dan 16 NH90 TTH (Tactical Troop Transport) untuk Angkatan Darat.

Penerbangan dilaksanakan beberapa hari lalu di fasilitas perakitan berbeda. Varian NFH terbang di pabrik Leonardo di Venice Tessera pada 15 Desember. Sedangkan varian TTH terbang di fasilitas Airbus Helicopters, Marignane, Perancis pada 18 Desember 2020.

Dijadwalkan, kedua helikopter pertama ini akan dikirimkan ke Angkatan Udara Qatar Emiri (QEAF) pada akhir tahun depan dan akan selesai seluruhnya pada 2025.

Qatar membeli 28 NH90 senilai 3,7 miliar dolar AS

Leonardo mengatakan, kegiatan uji penerbangan dilaksanakan untuk menilai karakteristik umum pengendalian dan fungsi-fungsi dari sistem utama sesuai yang diharapkan.

NH90 _QatarLeonardo

Industri dirgantara asal Italia ini bertindak selaku kontraktor utama dalam pengadaan 12 heli NH90 NFH.

Pengadaan heli NH90 untuk QEAF mencakup helikopter, paket dukungan, pemeliharaan, pelatihan, dan infrastruktur lengkap. Program ini menyertakan opsi untuk penambahan 12 unit lagi, terdiri dari 6 TTH + 6 NFH.

Qatar membeli 28 helikopter NH90 senilai 3,7 miliar dolar AS. Kesepakatan jual beli dengan NHIndustries ditandatangani pada penyelenggaraan Doha International Maritime Defence Exhibition and Conference (DIMDEX) di Qatar, 12-14 Maret 2018.

Roni Sontani

One Reply to “Dua varian helikopter NH90 pesanan Qatar terbang perdana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *