ATR 72-600 TMPA, pesawat patroli maritim terbaru AL Turki

ATR 72-600 TMPATAI

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Turki telah menerima satu unit pesawat ATR-72-600 TMPA (Turkish Matitime Patrol Aircraft) hasil modifikasi industri dalam negeri Turkish Aerospace Industries (TAI) bekerja sama dengan Leonardo dari Italia.

Penyerahan pesawat dilaksanakan dalam suatu upacara di Komando Udara Angkatan Laut Turki di Kartepe, Provinsi Kocaeli pada 15 Desember 2020.

Pesawat ATR 72-600 TMPA memiliki kemampuan melakukan peperangan antikapal selam. Pesawat dengan registrasi P-72 dan nomor ekor TCB-751 ini diproduksi melalui Proyek MELTEM-3.

Kementerian Pertahanan Turki dalam pernyataannya menyatakan, TMPA merupakan versi khusus dari pesawat komersial regional ATR 72-600 yang dibuat oleh perusahaan patungan ATR dari Perancis dan Alenia Aermacci dari Italia.

Pesawat ini, ujar Kementerian Pertahanan Turki, menawarkan biaya akuisisi dan operasional yang sangat kompetitif.

ATR 72-600 TMPA terintegrasi dengan sistem misi AMASCOS (Airborne Maritime Situation & Control System) buatan Thales, AIS, Link 16, dan sistem persenjataan generasi mutakhir seperti Mk 54 Light Weight Torpedo.

Alenia Aermacchi bertanggung jawab pada desain dan pengembangan transformasi platform dasar, instalasi sistem misi, dan integrasi sistem on-board pesawat dasar.

Sementara Thales bertindak sebagai integrator sistem utama perangkat avionik ATR 72-600 yang menawarkan peningkatan kinerja dalam hal pengurangan bobot dan konsumsi daya listrik dan kemudahan servis jangka panjang yang lebih baik.

ATR 72-600 TMPA akan digunakan untuk misi pencarian dan identifikasi kapal, pencarian dan penyelamatan (SAR), pengawasan obat-obatan, pengawasan penyelundupan, pengendalian pembajakan, pengendalian lingkungan, patroli maritim, patroli pencurian ikan di zona ekonomi eksklusif, patroli pantai, hingga peperangan antikapal selam.

Roni Sontani

One Reply to “ATR 72-600 TMPA, pesawat patroli maritim terbaru AL Turki”

  1. Baik meltem berbasis cn235 maupun lanjutannya mempertahankan cms amascos…..sementara disini, ganti vendor kapal.perang, ganti pula cms nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *