Terbang Langsung dari Toulouse, Ini Pesawat ATR 72-600 Terbaru Wings Air

ANGKASAREVIEW.COM – Setelah menempuh penerbangan langsung dari pusat perakitan pesawat ATR (Avions de Transport Régional) Aircraft di Toulouse Blagnac, Prancis, Wings Air kini diperkuat satu armada ATR 72-600 terbarunya.

Pesawat jenis tersebut yang diterima maskapai pada Senin (3/9/2018) lalu ini merupakan armada ke-61 Wings Air sekaligus armada ke-74 yang diterima Lion Air Group. Pesawat ini melengkapi kekuatan armada yang saat ini dioperasikan oleh Wings Air, yakni 41 ATR 72-600 dan 19 ATR 72-500.

Pesawat beregistrasi PK-WJG berhasil mendarat dengan mulus di Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH), setelah menempuh penerbangan dari Bandar Udara Toulouse Blagnac (TLS) dengan singgah di Bandar Udara Internasional Paphos, city of Paphos, Republik Siprus (PFO); Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (AUH) dan Bandar Udara Internasional Bandaranaike, Colombo, Sri Lanka (CMB).

Pesawat berbaling-baling (propeller) yang modern dan canggih di kelasnya ini didukung teknologi avionik terbaru serta fitur “synthetics runway visions”, sistem yang mampu memberikan bantuan visualisasi runway saat mendarat. ATR-72 600 didesain mampu lepas landas dan mendarat di panjang runway kurang dari 1.600 meter.

Pesawat ini dikenal ramah lingkungan (emisi rendah), lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar, serta efisiensi biaya perawatan yang rendah.

“Kehadiran pesawat baru akan semakin menjadikan pengalaman perjalanan wisatawan dan pebisnis lebih berkesan, karena bisa bepergian menggunakan ATR 72-500 atau ATR 72-600, pesawat turboprop asal Prancis yang berkapasitas 72 penumpang dalam kelas ekonomi,” ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro.

Armada terbaru ini memiliki hanya satu pintu penumpang yang terletak di bagian belakang pesawat sebelah kiri dan pintu kargo berada di samping kiri depan. ATR 72-600 dibekali interior yang dirancang lebih futuristik, sehingga menawarkan layanan terbaik bagi setiap pelancong.

Baca Juga:

Punya Banyak Spot Idaman Pelancong, Morowali Jadi Destinasi Terbaru Wings Air

Garuda Indonesia Tugaskan ATR 72-600 Layani Dua Rute Baru Intra Jawa-Sumatera

ATR 72-500/600 Wings Air difungsikan untuk operasional penerbangan yang waktu tempuhnya hanya berkisar 60 menit. Dengan kata lain, pesawat jenis ini melayani penerbangan point to point pada rute jarak dekat dengan tarif tiket terjangkau, sehingga memberikan alternatif terbaru dalam melakukan perjalanan antardestinasi yang lebih cepat bagi pelancong.

Wings Air dengan ATR 72 juga berfungsi sebagai feeder (penghubung) penumpang dan distribusi barang dengan penerbangan Lion Air, Batik Air, Malindo Air dan Thai Lion Air.

Dengan armada ini, Wings Air akan memperkuat layanan rute yang sudah ada, merencanakan pengembangan atau pembukaan rute baru dan meningkatkan frekuensi terbang per hari, khususnya ditingkat kabupaten.

Hingga kini, Wings Air telah terbang ke 110 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk jaringan regional, sudah melayani ke Kuching, Malaka di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *