Rusia akan lengkapi Resimen Uzhur dengan RS-28 Sarmat ICBM

RS-28 SarmatMoD/TASS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia akan melengkapi Resimen Uzhur di Wilayah Krasnoyarsk dengan rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-28 Sarmat. Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin mengatakan hal ini pada hari Senin (20/6).

Dijelaskan, rudal Sarmat merupakan instrumen pencegahan paling canggih milik Rusia.

Rogozin mendukung pernyataan Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev yang mengatakan bahwa inisiatif untuk mencairkan hubungan dengan AS di bidang perjanjian senjata nuklir akan berbahaya bagi Rusia.

“Senjata ampuh ini adalah jaminan utama kehidupan damai, kedaulatan, dan kebijakan luar negeri kami yang independen,” kata Rogozin.

Ditambahkan bahwa jika negara-negara Barat semakin takut dengan senjata strategis baru Rusia,itu murni ketakutan mereka.

Rusia sebelumnya harus melikuidasi senjata unik yang dibuat oleh insinyur rudal Rusia dan diterima untuk layanan.

“Saya ingat betul trik apa yang harus digunakan Duma Negara kita pada akhir 1990-an untuk mencegah ratifikasi Perjanjian START II, ​​di mana kita diminta untuk menghilangkan semua ICBM Voyevoda strategis, tulang punggung potensi pencegahan nuklir kita,” jelasnya.

Rusia berhasil menguji peluncuran ICBM Sarmat untuk pertama kalinya dari pelabuhan antariksa Plesetsk di Wilayah Arkhangelsk, Rusia bagian utara pada 20 April lalu.

RS-28 Sarmat ICBM akan menggantikan rudal strategis berbasis silo yang paling kuat di dunia RS-20V Voevoda (NATO – SS-18 Satan).

Sarmat dikembangkan di Makeyev State Rocket Center, bagian dari Roscosmos, dan diproduksi di perusahaan Krasmash.

Dalam perkiraan para ahli, RS-28 Sarmat mampu mengirimkan hulu ledak MIRV dengan berat hingga 10 ton ke lokasi mana pun di seluruh dunia baik di Kutub Utara dan Selatan.

Secara resmi dilaporkan bahwa rudal Sarmat di masa depan akan menjadi pembawa hulu ledak bersayap hipersonik Avangard. Rudal ini memiliki kecepatan terbang hingga Mach 27.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published.