Rostec mulai merakit helikopter lepas pantai Mi-171A3 pertama

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan induk Russian Helicopters (bagian dari Rostec State Corporation) mulai merakit prototipe pertama helikopter lepas pantai Mi-171A3. Perakitan dilaksanakan di fasilitas Ulan-Ude Aviation Plant, Republik Buryatia, Federasi Rusia.

Dibandingkan dengan Mi-171A2, varian baru Mi-171A3 hadir dengan beberapa peningkatan yang signifikan. Di antaranya badan pesawat baru yang mengintegrasikan sistem bahan bakar tahan benturan ke dalam ruang kargo dan avionik modern. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan operasi di lepas pantai dan juga di Kutub Utara.

Model ini juga menggunakan material komposit secara luas dan secara signifikan dapat mengurangi bobotnya.

Direktur Industri Kluster Penerbangan Rostec, Anatoly Serdyukov, mengatakan, pengembangan Mi-171A3 melibatkan kerja sama yang luas antara perusahaan di bawah naungan Rostec.

Bagian hidung helikopter dan panel samping yang terbuat dari bahan komposit polimer diproduksi di Progress Arsenyev Aviation Company. Sementara bagian lantai kargo diproduksi oleh Kazan Helicopters.

“Modifikasi baru ini dirancang untuk operasi lepas pantai di perusahaan minyak dan gas, sehingga harus memenuhi persyaratan paling ketat di bidang keselamatan penerbangan dan navigasi udara. Kami berharap mendapatkan Sertifikat Tipe dan memulai produksi serial pada 2022,” jelas Serdyukov seperti Airspace Review kutip dari rilis perusahaan.

Mi-171A3 dirancang untuk memenuhi persyaratan internasional

Helikopter lepas pantai Mi-171A3 dirancang untuk memenuhi persyaratan keselamatan internasional terbaru, termasuk standar IOGP yang dikembangkan oleh perusahaan minyak untuk operasi helikopter lepas pantai.

Sementara itu Direktur Jenderal Russian Helicopters Andrey Boginsky mengatakan, peralatan-peralatan produksi helikopter baru dipasang menggunakan mesin pengukur koordinat dan pelacak laser. Sehingga secara signifikan meningkatkan kualitas dan akurasi perakitan.

“Kami berencana untuk mempresentasikan prototipe pertama ini di pertunjukan udara MAKS-2021,” kata Boginsky.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *