Rusia tawarkan radar terbaru untuk mendeteksi target udara hipersonik

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – JSC Rosoboronexport, bagian dari Rostec State Corporation, Rusia mulai menawarkan radar terbaru yang dapat mendeteksi target-target udara berkecepatan hipersonik.

Radar bergerak jenis tiga dimensi dengan kode 59N6-TE ini dibangun oleh Pusat Penelitian dan Produksi Federal, JSC Nizhniy Novgorod Research Institute of Radio Engineering (NNIIRT).

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheev mengatakan, radar 59N6-TE merupakan hasil kerja ribuan para peneliti, perancang, dan insinyur Rusia untuk menghasilkan radar modern yang dapat mendeteksi target-target udara saat ini maupun masa medatang.

Selain untuk diekspor, kata Mikheev, radar ini tentu saja dibuat untuk kebutuhan dalam negeri Rusia.

Dijelaskan, radar 59N6-TE merupakan radar anti-jamming dan berkemampuan menangkap target-target udara pada ketinggian menengah dan high altitude. Selain mendeteksi target-target bergerak kecepatan hipersonik, radar ini juga efektif untuk mendeteksi objek-objek balistik dan aerodinamik.

Seperti Airspace Review pelajari dari rilis berita Rosoboronexport, radar 59N6-TE memberikan data jarak, azimuth, dan ketinggian target. Radar ini dapat mendeteksi target yang terbang dengan kecepatan hingga 8.000 km/jam pada jarak hingga 450 km dan ketinggian hingga 200 km. Data-data yang ditangkap oleh radar selanjutnya dapat disalurkan ke sistem C4I (Command, Control, Communications, Computers).

radar-59N6-TE_
ROE

Radar 59N6-TE dapat dioperasikan pada mode otomatis maupun semi-otomatis. Radar ini dapat melacak 1.000 target udara dan mengenali delapan target khusus meliputi rudal anti-radar dan memberikan peringatan kepada para awak akan bahaya yang datang.

Radar ini juga dapat menenali target-target udara dalam sistem pengenalan radar internasional Mk-XA dan ATC RBS.

Sistem radar 59N6-TE diusung menggunakan truk KAMAZ-6560. Rusia menawarkan sistem radar bergerak terbarunya ini, khususnya kepada negara-negara di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Roni Sontani

2 Replies to “Rusia tawarkan radar terbaru untuk mendeteksi target udara hipersonik”

  1. Bismillah indonesia butuh radar radar 59 te ini dari rusia bisa jadi calon utama diakuisisi,… kalo kita butuh radar kenapa tidak kita wujudkan kebutuhan tersebut tahun 2024 ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *