Pesawat ketiga C295 SAR multiperan diterima oleh Angkatan Udara Brasil

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di  Angkatan Udara Brasil (FAB), C295 yang dibeli dari Airbus Defence and Space diberi kode baru SC-105 Amazonas. Khusus versi SAR (search and rescue) multiperan, hingga saat ini FAB telah menerima tiga unit SC-105 SAR Amazonas. Pesawat terbaru diterima pada 9 Desember 2020.

Penyerahan pesawat dilaksanakan di fasilitas Airbus DS di Seville, Spanyol. Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Wilayah Udara (DECEA) Letnan Brigadir Heraldo Luiz Rodrigues dan Presiden Komite Koordinasi Program Pesawat Tempur (COPAC) Mayor Brigadir Udara Valter Borges Malta.

Louis Rodrigues mengatakan, pesawat SC-105 yang akan digunakan oleh FAB ini merupakan tipe SAR yang dapat melingkupi 22 juta km2 wilayah kedaulatan laut Brasil.

Tidak hanya itu, konfigurasi pesawat dibuat multiperan untuk juga bisa melaksanakan evakuasi medis udara, bantuan penerbangan, dan misi kemanusiaan ke seluruh wilayah nasional di Amerika Selatan.

Baca Juga: C295 untuk AU Kanada Dilengkapi Fitur-fitur Modern

Sementara Borges Malta menjelaskan, Amazonas akan bergabung dengan Skadron ke-2 “Pelican” Grup Penerbangan Kesepuluh FAB di Campu Grande. Pesawat akan melaksanakan siaga SAR sepanjang tahun serta mendukung pelaksanaan pertahanan dan keutuhan wilayah kedaulatan Brasil.

SC-105 SAR dilengkapi dengan sistem radar E/M-2022A (V) 3 yang mampu melakukan pencarian permukaan di darat dan laut hingga jarak hingga 360 Km. Pesawat juga dilengkapi sistem komunikasi satelit yang akan memungkinkan kontak dengan pesawat lain atau pusat koordinasi penyelamatan.

Untuk misi pencarian di atas permukaan laut ini, SC-105 dirancang dapat terbang di ketinggian rendah.

Minimal diawaki oleh delapan personel

Pesawat diawaki oleh sedikitnya delapan personel terdiri dari dua awak kokpit, satu mekanik, dua operator sistem misi (radar dan FLIR), dan empat observer yang akan duduk di empat jendela gelembung untuk melakukan pengamatan secara visual.

SC-105 Amazonas SARAngeles Molina/COPAC

Untuk keperluan SAR, pesawat juga dapat membawa personel penerjun payung atau master muatan yang akan menurunkan sekoci atau peralatan lain kepada korban yang ditemukan.

Sebelum membeli tiga SC-105 SAR Amazonas, FAB telah menggunakan sepuluh C-105 Amazonas versi angkut yang hanya dilengkapi dua jendela observasi dan tidak dilengkapi peralatan serta sistem misi untuk SAR.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *