Plasan luncurkan ambulans lapis baja Sandcat-Stormer 4X4

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pertahanan asal Israel, Plasan, baru saja menambah varian baru keluarga ranpur (kendaraan tempur) Sandcat 4X4 dengan, yaitu dengan melansir ambulans lapis baja Sandcat-Stormer pada minggu ke-2 April 2020.

Kendaraan dibangun berdasarkan ranpur Sandcat generasi terakhir (ke-4) yang diperkenalkan pertama di pameran pertahanan internasional Eurosatory 2018 di Paris, Perancis.  

Seperti Airspace Review pelajari dari pemberitaan Army Recognition, Sandcat Gen-4 ini dibangun berdasarkan truk ringan komersial Ford F550 Super Duty

Kendaraan dibekali mesin diesel V8 kapasitas 6.700 cc berdaya 330 hp dan menggunakan transmisi otomatis enam percepatan.

Kecepatan maksimum kendaraan di jalan datar mencapai 110 km/jam, dengan jangkauan operasi antara jarak 500-550 km.

Sandcat-Stormer memiliki dimensi panjang 5,94 m, lebar 2,31 m, dan tinggi 2,54 m. Bobot tempurnya mencapai hampir 9 ton

Kabin belakang ambulans Sandcat-Stormer dapat menampung dua tandu untuk korban cedera dan seorang petugas paramedis. Kemudia dua awak lainnya dapat ditampung di kabin depan.

Keunggulan utama yang ditawarkan keluarga besar Sandcat adalah penggunaan material komposit untuk jubahnya. 

Terdiri dari campuran baja, keramik, dan kevlar. Selain ringan dibandingkan baja antipeluru konvensional, kekuatan proteksinya juga lebih andal.

Tingkat perlindungan balistik Sandcat-Stormer berada pada STANAG 4569 Level 3. Artinya mampu bertahan dari tumbukan peluru senapan serbu hingga kaliber 7,62 mm dan serpihan munisi artileri dari jarak 60 m.

Sandcat-Stormer juga bisa bertahan dari ledakan ranjau darat dan IED dengan kekuatan ledak setara 8 kg TNT di bawah perut atau terlindas rodanya.

Plasan SandCat
Plasan

Sebagai perlindungan diri, Sandcat- Stormer dapat dipersenjatai dengan stasiun senjata kendali jarak jauh (RCWS) di atapnya. Pilihan senjata adalah senapan mesin kaliber 7,62 atau 12,7 mm.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2004, ‘Si Kucing Pasir’ Gen-1 hingga Gen-4 telah diproduksi sebanyak 700 unit. Kendaraan ini digunakan oleh 16 negara di lima benua.

Keluarga ranpur serbaguna Sandcat dirancang modular sehingga dapat melakukan beragam misi baik keperluan militer dan institusi penegak hukum.

Mulai dari fungsi sebagai kendaraan angkutan pasukan, kendaraan intai, patroli perbatasan, komando & kontrol, kendaraan antihuru-hara dan sebagai ambulans tempur.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *