Kelompok pertama tank T-90M Proryv-3 telah diterima Distrik Militer Barat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kelompok pertama tank tempur utama T-90M Proryv (Proryv-3) telah diterima oleh pasukan tempur Distrik Militer Barat Rusia mulai April ini. Tank ini akan ditempatkan di lima wilayah Rusia.

Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Sergey Kisel mengatakan hal itu seperti dirilis oleh Dinas Penerangan Distrik Militer Barat dan diberitakan TASS, (13/4).

Dibandingkan dengan versi terdahulu, T-90M telah menggunakan turet baru dan juga mesin yang lebih bertenaga.

Untuk diketahui, T-90M merupakan versi upgraded dari T-90A. Angkatan bersenjata Rusia memiliki sekira 400-an unit tank ini. Pada 2017-2019 telah dilaksanakan kontrak untuk peningkatan 160 T-90A menjadi T-90M. T-90A dibuat oleh Uralvagonzavod dan mulai digunakan sejak 2004.

T-90M juga dilengkapi dengan sistem penglihatan multikanal yang memungkinkan penembakan dilaksanakan pada siang maupun malam hari. Selain itu tank juga dapat berbagi data secara real time setiap waktu dengan kendaraan tempur lainnya.

Lapisan baja T-90M dilengkapi pelindung khusus anti-slip coating seperti yang digunakan pada tank tempur utama terbaru T-14 Armata.

Bagi yang penasaran dengan penampilan terbaru T-90M Proryv, rencananya tank ini akan diikutsertakan dalam Parade Hari Kemenangan di Lapangan Merah, Moskow pada 9 Mei mendatang.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, sedikitnya ada 50 unit tank berbagai jenis yang akan ditampilkan di Lapangan Merah, termasuk T-14 Armata tentunya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *