F-16 turunkan roda untuk imbangi kecepatan rendah pesawat Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah video di kanal YouTube memperlihatkan pesawat F-16 Fighting Falcon dan MiG-29 Fulcrum milik Angkatan Udara Polandia sedang mencegat (intercept) pesawat angkut Il-22 (NATO: Coot-B) yang dikawal sejumlah Su-27 Flanker Angkatan Kedirgantaraan Rusia.

Ada beberapa hal yang menarik untuk disimak. Pertama, selain F-16, MiG-29 yang sama-sama buatan Rusia digunakan Polandia untuk mencegat ‘saudaranya’ sendiri, khususnya Su-27 dan Il-22 dalam hal ini.

MiG-29 Polandia
YouTube

Yang kedua, tampak F-16 sampai menurunkan rodanya (landing gear) untuk mengimbangi laju kecepatan rendah pesawat bermesin turboprop Il-22.

Tidak dijelaskan di mana tepatnya proses pencegatan itu dilaksanakan. Videonya sendiri diunggal pada 12 April 2020.

Defence Blog menyebut, pesawat-pesawat Rusia itu sedang terbang di atas perairan internasional Baltik menuju ke Kaliningrad.

F-16 Polandia cegat Su-27
YouTube

Il-22 Coot-B merupakan salah satu pesawat komando udara Rusia. Pesawat ini merupakan pengembangan dari Il-18 Coot. Belasan unit Il-22 masih digunakan oleh Angkatan Kedirgantaraan Rusia.

Sementara Il-18 sendiri sebelumnya lebih banyak digunakan sebagai pesawat angkut komersial. Pesawat ini diproduksi lebih dari 670 unit pada kurun 1957-1985

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *