Anggota Komite Pertahanan Inggris kritik RAF yang masih gunakan jet latih Hawk T2 berusia 40 tahun

Hawk T2RAF

ANGGOTA Komite Pertahanan House of Commons Inggris John Spellar menyelidiki pernyataan perwakilan industri Inggris yang menyebut pilot RAF mendapatkan keseimbangan yang wajar antara pelatihan pesawat nyata dan virtual.

Saat ini, pilot RAF menjalani pelatihan campuran, menggunakan pesawat latih Hawk T2 milik BAE Systems yang berusia 40 tahun untuk pengalaman penerbangan nyata sambil menggunakan simulator pelatihan sintetis Ab-initio untuk mengasah keterampilan melalui latihan berulang dan belajar dari uji coba yang disimpan ini.

“Saya pikir apa yang telah kita lihat adalah transformasi menyeluruh dalam pelatihan penerbangan dalam hal keseimbangan antara pelatihan langsung dan sintetis,” kata Simon Barnes, Direktur Pelaksana Grup Udara di BAE Systems dikutip Airforce Technology.

Sebaliknya, Spellar berpendapat bahwa Inggris telah kehilangan peluang besar dalam membangun pesawat latih masa depan. Ia menandaskan bahwa BAE Systems dan petinggi RAF mungkin berpikir ini semua akan dilakukan melalui pelatihan virtual. Namun hal tersebut tampaknya tidak sejalan dengan pandangan angkatan udara di seluruh dunia.

Baru minggu ini, program T-7A Red Hawk milik Angkatan Udara Amerika (USAF) mendapatkan momentum dalam tahap produksinya. Saab dari Swedia menjadi subkontraktor dari Boeing untuk memproduksi badan pesawat bagian belakang T-7A.

Pertanyaan kasar Komite Inggris berasal dari kekhawatirannya bahwa ketika Hawk T2 mendekati akhir siklus hidupnya, RAF tidak akan punya apa-apa untuk pelatihan dunia nyata dengan pesawat fisik yang memiliki kemampuan generasi berikutnya yang cocok sepenuhnya untuk era baru peperangan udara.

Meskipun siklus hidup Hawk akan berakhir pada tahun 2040, ada kekhawatiran bahwa potensi kesenjangan teknologi akan membuat pelatihan RAF di dunia nyata menjadi usang seiring dengan berkembangnya pelatihan simulasi dengan penambahan teknologi terbaru.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *