Setelah lewat empat dekade, USS Theodore Roosevelt sambangi Vietnam

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk pertama kali kapal induk nuklir Amerika Serikat (AS) USS Theodore Roosevelt (CVN 71) menyambangi Vietnam pada 5 Maret 2020. Dalam kunjungan ini CVN 71 didampingi oleh kapal penjelajah rudal USS Bunker Hill (CG 52).

Kehadiran kedua kapal di Da Nang adalah untuk memperingati 25 tahun hubungan diplomatik AS dan Vietnam.

Angkatan Laut AS dalam pemberitaannya menulis, pada acara peringatan seperempat abad hubungan diplomatik AS – Vietnam, para awak kapal CN 71 melaksanakan kegiatan kebudayaan, layanan kemanusiaan, kompetisi olahraga, dan lainnya.

Kunjungan kapal induk nuklir CVN 71 ke Vietnam menandai lebih 40 tahun ketidakhadiran kapal induk AS di Vietnam. Kunjungan pertama dibuka lagi oleh USS Carl Vinson (CVN 70) pada 2018.

BACA  Tanpa tender, Polandia beli 32 F-35A senilai 4,6 miliar dolar AS
USS Theodore Roosevelt
USN

USS Theodore Roosevelt merupakan kapal induk nuklir kelas Nimitz keempat dari 10 yang dibuat. Kapal ini dibangun tahun 1981 dan mulai digunakan Angkatan Laut AS pada 25 Oktober 1986.

Awak kapal berkode panggilan TR atau “Big Sitck” ini berjumlah 5.000 orang. Sementara bila dihitung dengan jumlah para personel gugus tugasnya mencapai 6.500 orang.

Para personel tambahan itu berasal dari satu wing udara, satu kapal penjelajah, dan enam kapal perusak.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *